PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

2 Jet Tempur AS Jatuh, Satu Pilot Tewas

2 Jet Tempur AS Jatuh, Satu Pilot Tewas

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Dua jet tempur militer Amerika Serikat (AS) jatuh dalam insiden terpisah dan menewaskan satu pilot. Salah satu insiden terjadi usai Presiden AS Barack Obama berpidato dalam acara kelulusan Akademi Angkatan Udara di Colorado.

Dalam insiden yang terjadi di Tennessee, seperti dilansir Reuters, Jumat (3/6/2016), satu pilot dari skuadron Blue Angels Angkatan Laut AS tewas ketika jet tempur F/A-18 yang dikemudikannya jatuh di Smyrna, yang berjarak 39 kilometer sebelah tenggara Nashville.

Disampaikan juru bicara Angkatan Laut AS, insiden itu terjadi di lokasi berjarak 3 kilometer dari landasan bandara yang digunakan latihan oleh skuadron Blue Angels untuk air show yang akan digelar akhir pekan ini. Penyebab jatuhnya pesawat masih diselidiki oleh otoritas setempat. Nama pilot yang tewas belum dirilis ke publik.

Insiden kedua terjadi di Colorado. Namun satu pilot dari skuadron Thunderbirds Angkatan Udara AS tidak mengalami luka sedikitpun, setelah jet tempur F-16 yang dikemudikannya jatuh di lapangan yang berjarak 8 kilometer dari Pangkalan Udara Peterson.

Pilot yang tidak disebut namanya ini, berhasil melontarkan diri keluar dari pesawat dan mendarat dengan parasut sebelum akhirnya dijemput tim medis.

Usai berpidato, Obama datang mengunjungi pilot dari skuadron Thunderbirds yang berhasil selamat. Obama berterima kasih atas pengabdian pilot itu dan menyatakan kelegaannya karena sang pilot tidak mengalami luka serius.

Dituturkan juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, sang pilot masih bisa berdiri dan berjalan kaki ketika Obama mengunjunginya. Obama juga berterima kasih atas kecepatan tim darurat yang segera mengevakuasi sang pilot.

Penyebab jatuhnya pesawat jet F-16 di Colorado itu juga masih diselidiki.

 

 

Sumber:?http://news.detik.com/