PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

4 Kebiasaan Belanja yang Membuat Kita Terlilit Utang Kartu Kredit | PT Rifan Financindo Berjangka

Jakarta,?Rifan Financindo Berjangka -?Kartu kredit banyak menawarkan kemudahan bertransaksi dan menawarkan diskon-diskon yang menarik, seperti tawaran kredit dengan cicilan 0%, cashback, atau potongan diskon. Hal ini tentu membantu anda berhemat jika Anda memakainya sesuai kebutuhan.

Tapi, banyak orang yang berbelanja dengan memakai kartu kredit secara tidak tepat dan akhirnya terlilit utang dengan bank. Anda tidak ingin menjadi salah satunya bukan?

Untuk itu hindari 4 kebiasaan berbelanja berikut ini yang membuat kita terlilit utang kartu kredit.

1. Belanja Saat Stres
Saat seseorang mengalami stres akibat dari tekanan pekerjaan biasanya mereka melampiaskannya melalui liburan, makan di luar, menonton film di rumah, atau pergi berbelanja.

Saat sedang berbelanja, di saat kondisi pikiran yang sedang mengalami stres, maka Anda secara sadar atau tidak sadar akan membeli apa saja yang diinginkan mata apalagi, jika Anda pemakai kartu kredit. Tinggalkan segera kebiasaan buruk ini dengan cara mengalihkannya ke dalam kegiatan lain yang tidak memerlukan uang banyak, seperti berolahraga atau curhat dengan orang terdekat.

2. Belanja agar terlihat kaya
Ada orang yang beranggapan jika berbelanja memakai kartu kredit itu disebut ‘orang kaya’. Jika Anda termasuk orang yang beranggapan seperti itu, maka Anda harus siap melihat angka tagihan kartu kredit Anda.

3. Belanja demi mencari poin atau voucher hadiah
Sebaiknya Anda jangan berbelanja dengan memakai kartu kredit hanya untuk mendapatkan poin atau voucher hadiah, karena Anda pasti akan membeli yang tidak diperlukan dan hanya membuat tagihan kartu kredit anda membengkak.

4. Tidak melunasi tagihan transaksi
Anda merasa pola belanja Anda normal tapi tagihan kartu kredit membengkak? Periksa apakah Anda hanya melakukan pelunasan tagihan minimum saja atau tidak.

Memang pada lembar tagihan tertulis Anda cukup melunasi pembayaran minimum saja (biasanya sebesar 10%) agar kartu kredit tetap aktif. Namun, sebagai gantinya Anda akan dikenai beban bunga atas nilai transaksi yang belum lunas. Semakin banyak yang belum Anda lunasi, semakin banyak pula beban bunga yang akan Anda tanggung.

Begitulah jawaban mengapa Anda bisa terlilit utang kartu kredit. Gunakanlah kartu kredit Anda dengan bijak. Semoga bermanfaat!

(id, RifanFinancindo)