PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

5 Cara Berhemat Untuk Kamu yang Tidak Memiliki Penghasilan Tetap

5 Cara Berhemat Untuk Kamu yang Tidak Memiliki Penghasilan Tetap
Jakarta, Rifan Financindo Berjangka?- Memiliki penghasilan tidak tetap setiap bulannya merupakan suatu tantangan bagi mereka orang-orang yang berjiwa petualang, pekerjaan lepas pun umumnya memiliki kesan bebas, keren serta menantang seperti contohnya kontraktor, fotografer, web developer, graphic designer, content writer, interpreter, atau penerjemah lepas.

Namun apabila para pekerja lepas seperti ini tidak pandai-pandai dalam menyusun rencana keuangan, bisa-bisa dampak yang dihasilkan adalah tertundanya pencapaian mimpi atau rencana-rencana finansial di masa depan.

Lalu bagaimana caranya mengatur keuangan dengan pendapatan yang tidak selalu sama? untuk itu berikut ulasannya.

1. Susun Daftar Pendapatan Bulanan
Pertama-tama mulailah dengan membuat daftar pendapatan guna mengetahui rata-rata pendapatan yang kamu terima. Buatlah daftar keuanganmu ini dalam rentang waktu minimal sekitar dua tahun terakhir sejak dimulainya kamu bekerja sebagai tenaga freelance. Kemudian, Kamu dapat melihat rata-rata jumlah pendapatan yang kamu terima dan daftar ini juga dapat menunjukan pendapat paling sedikit yang pernah kamu peroleh selama bekerja.

2. Gunakan Jumlah Pendapatan Terkecil Sebagai Pengatur Keuangan
Setelah berhasil menemukan pendapatan terkecil yang pernah kamu peroleh selama berkerja sebagai freelancer, maka dengan begitu kamu bisa melanjutkan kepada proses selanjutnya yaitu membuat budgeting guna mengetahui berapa jumlah biaya yang kamu keluarkan selama sebulan. Tujuan pemakaian jumlah pendapatan yang terkecil seperti ini, agar keuanganmu tetap aman apabila suatu saat nanti tiba-tiba kamu mendapatkan pendapatan yang tidak cukup besar lagi.

3. Tentukan Kategori Pendapatanmu
Janganlah lupa untuk memisahkan pendapatanmu sesuai kategori yang sudah dibuat setelah menerima gaji bulananmu selanjutnya, bagilah menurut dengan kebutuhan masing-masing seperti tagihan bulanan, kebutuhan harian, transportasi, investasi, dan pengeluaran tidak terduga. Mengkategorikan jenis pengeluaran bulanan bermanfaat sebagai perencana keuangan bulananmu agar lebih teratur.

4. Investasi Untuk Masa Depan
Meskipun pendapatan bulanan yang kamu terima tidaklah tetap, kamu tetap dapat merencanakan investasi untuk masa depanmu. Cobalah untuk memulainya dengan membuat tabungan khusus untuk masa depan yang bisa diisi setiap bulannya sesuai kategori yang sudah kamu susun sebelumnya. Tabungan khusus tersebut dapat digunakan untuk berinvestasi. Akan tetapi ingatlah, saat Kamu memiliki penghasilan berlebih, jangan tergoda untuk menghabiskan uang-uang sisamu tersebut untuk keperluan yang tidak penting dan bersifat nafsu semata.

5. Sediakan Simpanan Cadangan
Kamu juga perlu menyiapkan simpanan cadangan dalam bentuk cash untuk digunakan saat keperluan mendadak. Simpanan semacam ini bisa dipakai untuk memastikan bahwa kamu dapat membayar seluruh tagihan-tagihan bulanan ketika situasi yang tidak diinginkan tiba misalkan saat penghasilan yang kamu terima datang lebih lama dari sebelumnya.

Sumber:?http://finance.detik.com/