PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Alami Suspensi, Pasar Saham Amerika Terlibas Isu China

\Alami Suspensi, Pasar Saham Amerika Terlibas Isu China\

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Setelah sempat disuspensi, pasar saham Amerika Serikat (AS) mengalami pelemahan cukup dalam.

Bursa saham di New York sempat mengalami penghentian sementara alias suspensi selama tiga jam. Hal ini disebabkan karena masalah teknis.

Pemicunya anjloknya Wall Street adalah kekhawatiran pelaku pasar atas kondisi ekonomi China yang kian melambat. Demikian dilansir dari Reuters, Kamis (9/7/2015).

Saham-saham perusahaan China di Wall Street telah mengalami penurunan lebih dari 30 persen dalam tiga pekan terakhir. Dan pelaku pasar mengkhawatirkan China akan mengalami krisis yang lebih gawat ketimbang Yunani.

“Saya tidak berfikir situasi Yunani membuat pasar melakukan aksi jual dalam jangka pendek. Ini sebenarnya tentang China, ini yang memicu aksi jual terus berlanjut. Pelaku pasar berharap People Bank of China mengambil sikap atas situasi ini,” tutur Chief Investment Officer Solaris Group, Tim Ghriskey.

Anjloknya pasar saham ini juga terjadi setelah the Fed mengeluaskan rilis hasil pertemuan bulanan yang menyatakan, mereka membutuhkan tanda lebih jelas ebelumnya menaikan tingkat suku bunganya.

Pada akhir perdagangan Rabu waktu New York, indeks Dow Jones turun 261,49 poin atau 1,47 persen menjadi 17.515,42, S&P 500 turun 34,65 poin atau 1,66 persen ke 2046,69 dan Nasdaq turun 87,7 poin atau 1,75 persen menjadi 4.909,76.

Sumber: http://economy.okezone.com/