PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Amnesty International Sebut Sebagian Tahanan Terkait Kudeta di Turki Disiksa | PT Rifan Financindo Berjangka

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Organisasi HAM Amnesty International mengaku memiliki bukti kredibel bahwa sebagian tahanan yang ditangkap terkait upaya kudeta di Turki, telah mengalami penyiksaan dan pemerkosaan.

Dalam laporan terbarunya, Amnesty menyatakan seperti dilansir media Press TV, Senin (25/7/2016), pihaknya mendapat laporan bahwa polisi di ibukota Ankara dan di kota Istanbul menahan sejumlah tahanan dalam “posisi yang membuat stres” selama 48 jam. Para tahanan juga tidak mendapatkan kebutuhan dasar seperti makanan, air minum dan perawatan medis.

Diimbuhkan Amnesty, para tahanan juga diancam dan diserang secara verbal di pusat-pusat penahanan.

Laporan yang dirilis pada Minggu, 24 Juli waktu setempat itu didasarkan pada wawancara yang dilakukan dengan para pengacara, dokter dan satu orang yang bertugas di sebuah fasilitas penahanan.

Kepada Amnesty, dua pengacara yang membela tahanan-tahanan di Ankara mengatakan bahwa mereka menyaksikan “perwira-perwira militer senior disodomi dengan tongkat polisi oleh polisi-polisi di tahanan.”

Direktur Eropa Amnesty, John Dalhuisen menyampaikan keprihatinan atas pelanggaran tersebut.

“Laporan penyiksaan termasuk pemukulan dan pemerkosaan di tahanan ini sangat mengkhawatirkan, khususnya mengingat skala penahanan yang telah kita lihat dalam pekan terakhir. Detail suram yang telah kami dokumentasikan itu hanyalah sebuah potret dari pelanggaran-pelanggaran yang mungkin terjadi di tempat-tempat penahanan,” Dalhuisen.

Dalhuisen pun menyerukan otoritas Turki untuk menghentikan praktik mengerikan tersebut dan mengizinkan para pengawas internasional mengunjungi semua tahanan di tempat-tempat mereka ditahan.

(id, Rifan Financindo)