PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Arsip Lahirnya Pancasila akan Dipamerkan di Museum Nasional | PT Rifan Financindo

7c8ecf89-23cc-41ce-b9f4-8b3e0c9ac413_169

Jakarta, RifanFinancindo –┬áDirektorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Kebudayaan Kemendikbud) akan menggelar Pameran Arsip Lahirnya Pancasila di Museum Nasional, dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2017.

Pameran akan diselenggarakan di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat mulai 2 sampai 15 Juni 2017. Pameran rencananya akan dibuka pukul 15.00 WIB oleh Mendikbud Muhadjir Effendy.

“Melalui pameran ini, kami ingin memperlihatkan proses (lahirnya Pancasila, red). Jadi jangan masyarakat tahunya langsung jadi. Jadi ini loh prosesnya, kemudian jadinya begini,” kata Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid kepada wartawan di Gedung E, Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2017).

Hilmar mengatakan sebanyak 60 arsip terkait lahirnya Pancasila akan diperlihatkan pada pameran ini, mulai dari dokumen tentang persidangan Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) hingga penetapan UUD 1945.

“(Arsip yang dipamerkan, red) dokumen sidang BPUPKI atau dalam bahasa Jepangnya Dokuritsu Zyumbi Tyoosakai, teks pidato Bung Karno tentang Pancasila, penyusunan konsep pembukaan UUD 1945, dokumen persidangan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI yang menetapkan UUD 1945 sampai aturan pemilihan presiden dan wakilnya,” papar Hilmar.

Sementara itu Direktur Jenderal Sejarah Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Triana Wulandari, mengungkapkan pameran ini sangat menarik karena ini adalah kali pertama arsip-arsip itu dipertontonkan ke masyakarat, setelah dibuat di jaman kemerdekaan.

“Semenjak negara Indonesia berdiri, (arsip-arsip lahirnya Pancasila, red) ini baru pertama kali dipublish. Ini usulan luar biasa dari Pak Dirjen Kebudayaan, kalau arsip disampaikan kepada publik. Pameran ini, menurut kami pameran yang master piece karena belum pernah kita lihat sidangnya seperti apa, arsipnya dan ini akan membuka pemahaman seluruh masyarakat tentang lahirnya Pancasila,” terang Triana.

Rifan Financindo Berjangka