PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Australia Tambah 7.900 Tenaga Kerja di Juni, Harga Grosir di AS Meningkat Melebihi Perkiraan

d810d8c7a01624bd6b6e731fd624503c

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Australia menambahkan pekerja pada Juni, dipimpin oleh lonjakan dalam pekerja penuh-waktu terkait suku bunga dengan rekor rendah dan kepercayaan bisnis yang kuat mendorong perekrutan. Mata uang naik.

Tenaga kerja naik 7.900 dari bulan Mei ; perkiraan ekonom 10.000 gain

Tingkat pengangguran naik menjadi 5,8% dari 5,7%; pencocokan perkiraan ekonom

Pekerja penuh waktu melonjak 38.400 ; paruh waktu turun 30.600

Tingkat partisipasi, ukuran angkatan kerja sebagai bagian dari populasi, naik menjadi 64,9 persen dari 64,8%; ekonom memprediksi 64,8%

Laporan ini menggarisbawahi bahwa ekonomi menunjukkan kekuatan domestik yang lebih besar dengan industri seperti konstruksi, pariwisata dan pendidikan membantu Australia menyerap pengangguran dari penambang karena angin yang menghancurkan tambang tersebut. Namun, prospek investasi bisnis masih lemah dan mata uang rebound – naik hampir 5 persen sejak awal Juni – risiko dari persaingan industri jasa negara itu.

Pengaturan kebijakan moneter dan fiskal akomodatif telah dibantu dengan penyesuaian ekonomi dari pertambangan, termasuk penurunan suku bunga pada bulan Mei. Bank sentral berhenti di 1,75 persen bulan ini.

Dolar Australia diperdagangkan pada 76,29 sen AS pada 11:37 pagi di Sydney, dari 76,02 sen sebelum data dirilis.

Harga grosir di AS naik lebih dari perkiraan pada bulan Juni, mondar-mandir akibat lonjakan terbesar dalam biaya bahan bakar dalam setahun.

Indeks harga produsen menguat 0,5 persen, terbesar sejak Mei 2015, setelah kenaikan 0,4 persen pada bulan sebelumnya, menurut laporan Departemen Tenaga Kerja hari Kamis di Washington. Perkiraan rata-rata dari 64 ekonom yang disurvei Bloomberg menyerukan kenaikan sebesar 0,3 persen. Biaya naik 0,3 persen selama 12 bulan terakhir, yang kenaikan year-to-year terbesar sejak Desember 2014.

Dengan stabilnya biaya energi dan pengaruh tekanan dari dolar yang kuat menghilang, ekonomi perlahan-lahan membaik mungkin akan menyebabkan kenaikan lebih berkelanjutan dalam turunnya harga. Pejabat Federal Reserve memantau kemajuan inflasi terhadap tujuan mereka karena mereka mempertimbangkan ketika menaikkan suku bunga lagi.

Secara terpisah, Departemen Tenaga Kerja melaporkan bahwa klaim pengangguran untuk pekan yang berakhir pada 9 Juli disesuaikan dengan 254,000 pada minggu sebelumnya, bertahan di dekat level terendah dalam empat dekade dan isyaratkan pasar tenaga kerja tetap sehat.

Proyeksi untuk harga produsen berkisar dari penurunan 0,1 persen menjadi kenaikan 0,5 persen, menurut survei Bloomberg dari 64 ekonom.?(RifanFinancindo)

Sumber: Bloomberg