PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Awal Pekan, Rupiah Berpotensi Menguat

1359352091111-PERMATA3780x390

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka ? Nilai tukar rupiah diproyeksikan berpeluang pada perdagangan Senin (12/1/2015). Penurunan indeks dollar AS di pasar global menjadi sentimen positif bagi mata uang garuda.

Walaupun tingkat pengangguran AS turun, indeks dollar AS malah kehilangan momentum penguatannya. Adalah turunnya kenaikan non-farm serta turunnya tingkat partisipasi tenaga kerja AS yang mencegah indeks dollar AS dan mendorong turunnya yield US Treasury hingga ke 1,94 persen akhir pekan lalu.

Pelemahan dollar AS juga sudah terasa semenjak Jumat (9/1/2015) pagi terhadap mata uang di Asia yang terutama dibantu oleh harapan stimulus oleh ECB. Labor Market Condition Index Change AS ditunggu hari ini.

Rupiah menguat bersama mata uang Asia lainnya hingga Jumat sore pekan lalu. Penguatan dollar AS di pasar global yang mulai memudar membantu penguatan rupiah serta harga SUN yang mulai awal minggu lalu terus ditekan oleh sentimen pelemahan.

Penurunan harga BBM Premium masih ditunggu. Dan dengan ditundanya kenaikan tarif listrik, ekspektasi inflasi di 2015 akan turun.

“Kombinasi antara turunnya inflasi serta membaiknya neraca perdagangan akan mendukung rupiah yang lebih kuat ke depan. Hari ini rupiah diperkirakan menguat dengan indeks dollar AS yang turun,” demikian riset Samuel Sekuritas Indonesia, pagi ini.

Sumber : http://bisniskeuangan.kompas.com