PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Bank Mulai Operasional Hari Ini | PT Rifan Financindo

fc6d7d41-7b67-4ffa-ab10-500385ab8dc2_169

Jakarta, RifanFinancindo – Usai melewati libur lebaran selama tujuh hari, sejumlah bank mulai membuka layanannya pada hari ini, Jumat (30/6).

Mulai beroperasinya bank pada Jumat ini seiring dengan mulai beroperasinya Bank Indonesia (BI) secara terbatas. Layanan yang diberikan BI pada Jumat ini, terdiri dari Sistem Kliring Nasional BI (SKNBI), BI Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan BI Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS).

Aktivitas transaksi nasabah mulai terlihat di salah satu Kantor Cabang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Jalan Ahmad Yani Bekasi. Namun sejak dibuka pukul 08.00 pagi, kantor bank BUMN tersebut masih terlihat lengang dan belum terdapat banyak antrian nasabah.

“Seperti biasa sudah buka mulai jam 08.00 pagi, tapi aktivitas masih sepi. Mungkin karena orang banyak yang masih berlibur kali ya,” ujar salah seorang petugas keamanan BNI Ahmad Yani, Haryono kepada CNNIndonesia.com, Jumat (30/6).

Haryono mengatakan, hari ini BNI masih melakukan operasional secara terbatas. Transaksi yang dilayani hanya pada transaksi tunai, serta transaksi non-tunai seperti overbooking, kliring, RTGS, outgoing transfer valuta asing (valas) dan penukaran valas, setoran pajak, serta layanan pembukaan rekening.

Salah seorang nasabah BNI, Ahmad Sumito mengaku sengaja mendatangi bank hari ini guna mengurus kartu ATM-nya yang hilang saat liburan kemarin. Ia sengaja datang lebih pagi karena tahu operasional bank hari ini terbatas dan lebih singkat.

“Harus segera diurus, karena besok sudah Sabtu dan Minggu libur lagi, bank tidak buka,” ujarnya.

Selain BNI, PT Bank Central Asia (BCA) juga membuka sebanyak 157 kantor cabangnya di seluruh Indonesia yang beroperasi terbatas pada pukul 08.00 – 15.00 WIB. Kantor cabang bisa melayani semua jenis transaksi, termasuk Real Time Gross Settlement (RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Disamping kedua bank itu, PT Maybank Indonesia Tbk juga mulai menyediakan layanan seluruh kantor-kantor cabangnya untuk transaksi nasabah hari ini.

Maybank Indonesia juga mengoptimalkan jaringan elektronik yang mencangkup lebih dari 1.633 ATM, termasuk mesin setor tunai (cash deposit machine-CDM), phone banking, dan mobile banking.

Rifan Financindo Berjangka