PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Bayi Pun Bisa Jerawatan Lho | PT Rifan Financindo Berjangka

Tak Cuma Orang Dewasa, Bayi Pun Bisa Jerawatan Lho

Jakarta,?Rifan Financindo Berjangka -?Jerawat selama ini lebih sering diidentikkan dengan orang dewasa, namun nyatanya jerawat juga bisa muncul di kulit bayi. Mengapa demikian?

Disampaikan dokter spesialis kulit dan kelamin RS Pondok Indah Puri Indah, dr Suksmagita Pratidina, SpKK, atau dr Gita, munculnya jerawat pada kulit bayi juga bisa karena adanya hormon androgen.

“Bisa karena hormon androgen juga. Jadi begini, pada saat bayi masih ada di perut ibu, biasanya ibu akan memiliki hormon androgen. Nah, si hormon androgennya ini bisa lewat ke plasenta. Jadi saat baru dilahirkan bayi kadang masih punya hormon androgennya,” ujar dr Gita dalam Diskusi Media Bayer: Kenali Jerawat Hiperandrogen dan Dampaknya Bagi Perempuan, di The Hermitage, Menteng, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Tak perlu dikhawatirkan, menurut dr Gita jerawat pada bayi baru lahir ini umumnya akan berangsur-angsur hilang pada usia 6 bulan. Hilangnya juga akan bertahap dan berkurang dengan sendirinya.

Pendapat serupa disampaikan oleh dr Rini Sekartini, SpA(K), konsultan tumbuh kembang dari RS Cipto Mangunkusumo. Ia juga berpendapat bahwa beruntusan atau jerawat yang muncul pada kulit bayi adalah karena pengaruh hormon ibu dalam tubuh si bayi.

Karena pengaruh hormon dan bukan penyakit, maka tidak diperlukan adanya pengobatan apapun. “Nanti hilang sendiri kok. Satu sampai tiga bulan itu masih kuat memang pengaruh hormon ibu. Setelah dua bulan biasanya jerawat itu akan hilang sendiri, seiring berkurangnya juga hormon ibu di tubuh bayi,” imbuh dr Rini.

Namun jika ibu tetap cemas, dr Rini menganjurkan ibu untuk membersihkan kulit bayi. Syaratnya, tidak boleh menggunakan alkohol dan bahan kosmetik lain.

“Dibersihkan dengan air, nggak perlu pakai pembersih yang mengandung alkohol. Lalu dikeringkan dengan handuk. Hindari juga penggunaan kosmetik (losion, krim, bedak) yang berlebihan,” pesan dr Rini.

(id, RifanFinancindo)