PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Berapa Besar Pengaruh Industri Film Terhadap Ekonomi RI? | PT Rifan Financindo Berjangka

4bd3fd72-7a99-4948-9c95-4468abb046e3_169

Jakarta,?Rifan Financindo Berjangka -?Pemerintah mencabut sektor industri film dari Daftar Negatif Investasi (DNI). Artinya kesempatan investor asing untuk berinvestasi di sektor perfilman di Indonesia akan terbuka lebih luas.

Ketua Asosiasi Produser Film Indonesia (Aprofi) Sheila Timothy, mengatakan hal ini diharapkan dapat membuat industri perfilman tanah air akan semakin menggeliat.

Menurutnya, industri perfilman telah terbukti punya kontribusi penting dalam mendongkrak pertumbuhan indutri di sektor yang lain.

“Yang saya bisa sebutkan jelas di sini contohnya film Laskar Pelangi. Sebelum ada film ini penerbangan ke Bangka (lokasi pengambilan gambar film Laskar Pelangi), itu cuma 1 kali seminggu. Setelah ada film itu hampir setiap hari ada penerbangan ke sana,” ujar dia ditemui di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Peran film dalam mendongkrak industri lain juga bisa dilihat dari dampak diputarnya film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang baru-baru ini diputar di layar lebar tanah air yang dapat mendongkrak industri pariwisata di lokasi-lokasi yang dijadikan tempat pengambilan gambar pada film ini.

Selain itu, film, juga dianggap sebagai cara ampuh untuk menyebarluaskan informasi soal kekayaan budaya sebuah negara.

“Paling sederhana bisa dilihat dari film Tabularasa yang waktu itu sempat diputar di Malaysia. Film itu membuat orang Malaysia yang nonton film ini jadi ingin merasakan Masakan Padang. Ingin datang ke Papua, lokasi tempat shooting film ini. Sesederhana itu,” kata dia.

Untuk itu, menurutnya, kebijakan ini yang membuka kesempatan investor asing untuk masuk ke industri film diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan industri perfilman sehingga juga meningkatkan kontribusi industri film terhadap perekonomian nasional.