PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

BI Nilai Hanya Perekonomian Amerika Yang Perkasa Saat Ini

images (2)

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Faktor melemahnya kondisi ekonomi global membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang ditargetkan 5,7 persen sesuai APBN-Perubahan 2015 akan terganggu. Menurut Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS-BI) Mirza Adityaswara, hanya ekonomi Amerika Serikat (AS) yang perkasa di dunia saat ini.

“Jadi di dunia ini semuanya melemah, kecuali di AS saja,” ucap Mirza di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Mirza pun mencontohkan ekonomi China yang sangat melambat pada tahun ini, jika dibandingkan lima tahun lalu. Dengan melambatnya ekonomi China, tentu akan mengganggu pasar ekspor Indonesia.

“Di China lima tahun lalu tumbuh 10 persenan. Sekarang tumbuh 6,8 persenan, kan jadi lambat sekali,” paparnya.

Saat ditanya berapa realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal I-2015, Mirza enggan menjawabnya. Dirinya hanya menyebut, pertumbuhan ekonomi kuartal I-2015 akan lebih rendah.

“Kan angkanya belum keluar. Tunggu saja. Kalau kuartal I ini kan baru awal. Kuartal I ini memang pola pengeluaran itu selalu rendah, tetapi kuartal II dan III akan lebih cepat. Pengeluaran pemerintah di kuartal I memang biasanya masih rendah, tapi kuartal II-III cepat. Kalau lihat polanya, kuartal II-III lebih baik,” tukasnya.

Sumber: http://economy.okezone.com/