PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

BOE Pangkas Persyaratan Modal Bank Karena Brexit Vote Menantang Stabilitas

41f3c4bab5a866edcb491fee56440513

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Bank of England (BOE) memangkas persyaratan modal untuk bank-bank Inggris dan berjanji untuk menerapkan langkah-langkah lain yang diperlukan untuk menopang stabilitas keuangan setelah keputusan mengejutkan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Komite Kebijakan Keuangan, yang dipimpin oleh Gubernur Mark Carney, menurunkan suku bunga penyangga countercyclical-capital untuk eksposur Inggris menjadi nol dari 0,5 persen dari aset tertimbang menurut risiko, langkah itu dikatakan akan meningkatkan kapasitas untuk pinjaman rumah tangga dan bisnis sebanyak 150 miliar pound ($ 197 miliar). Para pejabat melihat suku bunga menetap di level tersebut sampai setidaknya Juni 2017 mendatang.

“Ada bukti bahwa beberapa risiko telah mulai mengkristal,” kata bank sentral dalam Surat Laporan Stabilitas Keuangan dua kali setahun, yang diterbitkan di London pada hari Selasa. “Prospek saat ini untuk stabilitas keuangan adalah penuh tantangan.”

Carney telah tampil sebagai mercusuar kepastian di tengah gejolak yang melanda pasar keuangan dan terguncangnya partai politik utama Inggris. Gubernur, yang telah mengisyaratkan penurunan suku bunga bisa segera terjadi, akan mengadakan konferensi pers pada pukul 11:00 siang waktu London.

11-anggota FPC mengatakan hal itu “memantau erat” lima risiko utama, termasuk kerusakan lebih lanjut dalam keinginan investor untuk aset Inggris. Hal ini juga memantau valuasi di pasar real-estate komersial, kerentanan berhutang rumah tangga dan pemilik rumah, prospek ekonomi global dan rapuhnya likuiditas di pasar keuangan.(frk)

Sumber: Bloomberg