PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Brexit Menghajar Pasar Finansial, Emas Jadi Buruan Investor

Ilustrasi+Emas

Jakarta,?Rifan Financindo Berjangka -?Harga emas melonjak tinggi di awal pekan. Logam Mulia berwarna kuning ini tiba-tiba jadi pilihan investor setelah Inggris memutuskan cerai dari Uni Eropa.

Efek hasil referendum Britain Exit (Brexit) itu menjalar ke mana-mana, terutama di sektor finansial. Pasar saham global terhempas, nilai tukar poundsterling jatuh, dan lain-lain.

Investor mulai mengamankan dananya dengan mencari instrumen investasi yang lebih aman, salah satunya adalah emas. Alhasil, harga emas ini pun melonjak tinggi.

Di dalam negeri, harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) melonjak Rp 29.000/gram dalam sehari. Posisinya kini di harga Rp 610.000/gram.

Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah harga emas Antam menembus kisaran Rp 600.000/gram. Hal yang sama terjadi di harga emas dunia.

Harga emas batangan di pasar internasional sudah melonjak 4,8% pada perdagangan akhir pekan lalu. Ini merupakan lonjakan harian tertingginya sejak Januari 2009.

Hari ini, harga emas di pasar spot naik 1,5% ke US$ 1.335,30 per ounce. Jika diakumulasi, harganya sudah naik 8% sejak Inggris memutuskan keluar dari Uni Eropa pekan lalu.

“Dalam satu atau dua pekan ke depan, saya kira emas bisa melonjak hingga US$ 1.400,” kata Pengamat Komoditas dari ANZ, Daniel Hynes, seperti dikutip dari Reuters, Senin (27/6/2016).

Sementara berdasarkan riset Macquarie, harga eas ini masih akan tinggi hingga kuartal III tahun ini sebagai imbas dari Brexit.

Harga emas baru akan turun di kuartal IV setelah ada kepastian Pemilu Amerika Serikat (AS) dan keputusan The Federal Reserve (The Fed) soal suku bunga.

Sumber: Detik