PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Buat Pemudik, Ini Tips Aman Berkendara Melintasi Tanjakan Emen di Subang

d8f9b667-d3fa-4cb6-a9ab-f1b1df4a41d3

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Nama Tanjakan Emen tersohor sebagai salah satu jalur ‘tengkorak’ di Jabar. Area berada di Kabupaten Subang ini rawan kecelakaan lalu lintas.

Letak Tanjakan Emen memang berada di wilayah perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang. Masing-masing kepolisian di wilayah tersebut bakal mengawal arus lalu lintas kendaraan yang melewati tanjakan tersebut berkaitan momen mudik dan libur lebaran Idul Fitri 2016.

Aparat berwajib mengingatkan agar pengendara hati-hati dan waspada sewaktu melintasi Tanjakan Emen yang berdekatan dengan objek wisata Gunung Tangkuban Parahu.

“Untuk pengamanan Tanjakan Emen nanti akan ada dari Polres masing-masing yang akan berjaga. Tapi masyarakat jangan khawatir, asalkan mengemudikan kendaraannya dengan baik dan hati-hati pasti aman,” ucap Dirlantas Polda Polda Jabar Kombes Pol Sugihardi saat ditemui di Mapolda Jawa Barat, Jumat (1/7/2016).

Sugihardi menjelaskan aspal di Tanjakan Emen untuk arus mudik tahun ini dalam kondisi baik dan bisa dilalui pemudik. Jalur tersebut menjadi perhatian utama bagi pengendara dari Subang maupun kendaraan yang datang dari Lembang, baik saat arus mudik dan balik maupun pelintasan wisatawan, karena ruas jalan menanjak dan menurun ini menjadi salah satu titik rawan kecelakaan yang kerap menelan korban jiwa.

“Kalau untuk kondisi jalan bagus. Untuk lintasan jalur mudik silahkan saja dan harus hati-hati. Pastikan rem kendaraan berfungsi baik,” ucap Sugihardi.

Upaya menekan angka kecelakaan, pihak aparat memasang rambu-rambu lalu lintas berupa imbauan di jalur tanjakan panjang dan curam itu.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar Dedi Taufik menegaskan jalur Tanjakan Emen sudah siap untuk dilalui pemudik mengingat infrastruktur jalan dalam kondisi baik.

“Kalau Tanjakan Emen sudah bagus yah, jalan sudah baik, Penerangan Jalan Umum (PJU) sudah terpasang, sudah siap yah,” tutur Dedi.

Ditanya soal seringnya kecelakaan di Tanjakan Emen, Dedi tak bisa menafsirkan apa penyebabnya. Jika soal lalu lintas, pihaknya bersama kepolisian sudah memperbaiki fasilitas jalan agar pengemudi bisa lebih waspada. Namun secara umum kasus kecelakaan di jakur mudik Jabar, menurut Dedi didominasi faktor kesalahan manusia.

“Untuk sementara ini, kita sudah perbaiki untuk aspek lalu lintasnya. Berarti tergantung dari kesiapan pengemudi itu sendiri secara fisik dan konsentrasi harus siap, tidak terburu-buru saat mengemudi,” ujar Dedi.

Sumber: Detik