PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Bukan Hanya Bangun 1 Juta Rumah, Jokowi Juga Sediakan Subsidi KPR

Bukan Hanya Bangun 1 Juta Rumah, Jokowi Juga Sediakan Subsidi KPR

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan program 1 juta rumah mulai tahun 2015. Bukan hanya membangun rumah dan rumah susun di sisi penyediaan, Jokowi juga menyediakan dana untuk membantu pembiayaan perumahan dari sisi masyarakat pembeli.

Dana tersebut diberikan dalam bentuk Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) alias subsidi pemilikan rumah. Fasilitas yang diberikan dari mulai uang muka ringan hingga 1% dari harga rumah hingga bunga KPR Ringan hanya 5%.

Dana yang dicadangkan pemerintah di tahun 2015 untuk FLPP adalah sebesar Rp 5,1 triliun yang disalurkan lewat sejumlah Bank Pelaksana. PT Bank Tabungan Negara (BTN) menjadi penyalur terbesar dana ini.

“Kontribusi dari realisasi bantuan pembiayaan perumahan melalui KPR-FLPP sebesar 87.683 unit rumah,” jelas Direktur Jendral Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Maurin Sitorus di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (9/11/2015).

Bantuan ini, kata dia, sengaja diberikan dengan harapan dapat mempermudah masyarakat dalam membeli rumah. Tanpa bantuan ini maka 1 juta rumah yang dibangun pemerintah akan sulit diserap karena kemampuan pembiayaan masyarakat yang terbatas.

“Saat ini MBR masih mengalami kendal memperoleh rumah melalui KPR karena kesulitan menyediakan uang muka dan dana-dana lainnya,” pungkas dia.

Ingin tahu syarat apa saja yang diperlukan untuk dapat subsidi KPR? Baca di berita selanjutnya.

 

Sumber:?finance.detik.com