PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Bursa Eropa Rebound Dari Level Terendah Lima Minggu

saham eropa stagnan

Saham-saham Eropa menguat, rebound dari level terendah lima pekan, karena investor menunggu rilis data kepercayaan konsumen AS untuk mengetahui kekuatan ekonomi terbesar di dunia tersebut. Bursa saham berjangka AS sedikit berubah, sementara saham Asia turun.
Index Stoxx 600 Eropa naik 0,2 % ke level 341,59 pada pukul 08:10 pagi di London. Indeks ekuitas turun 0,4 % kemarin, menghentikan kenaikan kuartalan kelima berturut-turut, setelah saham perbankan tergelincir dan data menunjukkan kepercayaan ekonomi di wilayah tersebut turun ke level terendah sejak November.
Indeks Standard & Poor 500 naik 0,1 % hari ini. Sementara index MSCI Asia Pacific turun 0,4 % ke level terendah empat bulan pasca protes pro-demokrasi terus berlanjut di Hong Kong.
Di tengah tanda-tanda pertumbuhan yang lebih lemah di Eropa, investor juga telah mengkaji data AS sebagai petunjuk tentang waktu kenaikan suku bunga. Laporan Conference Board pada pukul 10:00 pagi di New York diprediksi akan menunjukkan kepercayaan konsumen di Amerika naik bulan ini ke level tertinggi dalam hampir tujuh tahun, perkiraan ekonom yang disurvei oleh Bloomberg News.
Bank Sentral Eropa, yang akan bertemu untuk membahas kebijakan moneter dalam minggu ini, telah menurunkan suku bunga dua kali sejak bulan Juni, mengumumkan target pinjaman jangka panjang untuk bank, dan mengatakan akan mulai membeli aset untuk mencegah spiral penurunan harga. Data pada pukul 11:00 siang di Luxembourg diprediksi akan menunjukkan tingkat inflasi kawasan euro berada pada tingkat terendah sejak 2009 pada bulan ini, masih berada di bawah tujuan ECB di bawah 2 %.
Laporan lain pada saat yang sama diprediksi akan menunjukkan pengangguran di kawasan euro tetap sebesar 11,5 % pada bulan Agustus, di dekat rekor dari pencapaian tahun lalu sebesar 12 %.

 

Sumber : Bloomberg