PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Chrome Sudah Tak Lagi Boros Baterai | PT Rifan Financindo Berjangka

Google: Chrome Sudah Tak Lagi Boros Baterai

Jakarta,?Rifan Financindo Berjangka -?Sebagai ajang pembuktian kinerja browser anyarnya, Microsoft melakukan sebuah pengujian yang menunjukkan kalau browser Chrome jauh lebih boros baterai ketimbang Edge, browser anyar pengganti Internet Explorer.

Ada dua pengujian yang dilakukan Microsoft untuk menguji konsumsi daya browser. Yang pertama adalah pengujian yang dilakukan untuk mengukur konsumsi daya browser jika digunakan untuk berselancar di situs-situs populer.

Sementara pengujian kedua dilakukan dengan menggunakan browser untuk streaming video HD. Dalam pengujian ini, laptop dengan browser Chrome hanya bertahan selama 4 jam 19 menit, sementara Edge bisa mencapai 7 jam 22 menit.

Dalam pengujian tersebut juga terlihat kalau Chrome, Opera dan Firefox menggunakan lebih banyak daya ketimbang Edge saat membuka situs, scrolling laman situs, melihat video dan membuka tab baru.

Selain dari pengujian tersebut, Microsoft juga memaparkan data telemetri dari jutaan komputer berbasis Windows 10 yang menunjukkan kalau Edge dan Firefox jauh lebih irit daya ketimbang Chrome, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (21/6/2016).

Dari hasil pengujian ini bisa dilihat kalau Microsoft memang masih mencoba menggaet para pengguna Chrome untuk berpindah ke Edge. Namun browser andalannya itu bisa dibilang memang masih kurang dalam fitur jika dibandingkan dengan Chrome maupun Firefox.

Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh Google Chrome adalah browser tersebut menyedot daya komputer, sehingga konsumsi baterai akan makin boros. Namun di pembaruan terakhir, Google mengklaim konsumsi dayanya akan irit.

Pembaruan tersebut adalah Chrome 53, yang baru dirilis dan disebut sudah stabil untuk penggunaan sehari-hari. Salah satu pembaruannya adalah konsumsi daya CPU dan GPU-nya diperbaiki untuk memutar video, termasuk meningkatkan performanya dan mengurangi konsumsi daya.

Selain itu, Google juga memasukkan fitur baru bernama HiDPI, termasuk memasukkan Material Design ke dalam tampilan Chrome, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (6/9/2016).

Dari segi tampilan, tab browser, ikon, tombol navigasi dan tampilan antarmuka secara keseluruhan akan terasa lebih datar. Google pun memberikan pilihan dark mode pada incognito mode.

Pengguna Windows 10 pun bisa menikmati dukungan emoji berwarna pada Chrome anyar ini. Pembaruan Chrome 53 ini sudah mulai disebar ke pengguna, jika Anda belum mendapatkan pembaruan ini, bisa opsi pembaruannya bisa dilihat pada menu ‘about Chrome’.

Sebelumnya, kelemahan Chrome ini membuatnya jadi bulan-bulanan pembuat browser lain, salah satunya Microsoft dengan browser Edge-nya. Dalam pengujian yang mereka lakukan, Chrome membuat konsumsi baterai laptop jauh lebih boros ketimbang Edge — browser pengganti Internet Explorer.

(id, RifanFinancindo)