PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Cina Akhiri Tahun dengan Stabilisasi yang Baik | PT Rifan Financindo Berjangka

8be18cd3-8040-41bc-99fc-487e3b086402

Jakarta, RifanFinancindo – Ekonomi Cina berakselerasi untuk pertama kalinya dalam dua tahun pada kuartal terakhir 2016, menambah stabilisasi ekonomi yang memberikan para pemimpin penyangga seiring transisi mereka ke kebijakan netral dan bersiap untuk potensi ketegangan perdagangan dengan Donald Trump.

Produk domestik bruto meningkat 6,8 persen dalam tiga bulan hingga Desember dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan estimasi median 6,7 persen dalam survei Bloomberg. Ekspansi setahun penuh sebesar 6,7 persen merupakan laju terlambat sejak tahun 1990, tapi masih mendarat tepat di tengah-tengah target resmi sebesar 6,5 persen menjadi 7 persen.

Cina bergerak melewati awal tahun yang volatil dengan penguatan yang melebihi ekspektasi. Dengan rebound manufaktur dan deflasi yang lemah, bank sentral beralih ke kebijakan netral untuk mengatasi ˜pesta™ utang yang meningkatkan gelembung aset selama dua tahun siklus pelonggaran.Ppenjualan ritel meningkat 10,9 persen dari tahun sebelumnya pada bulan Desember, dibandingkan dengan muka 10,7 persen yang diproyeksikan.

Penjualan ritel meningkat 10,9 persen dari tahun sebelumnya pada bulan Desember, dibandingkan dengan proyeksi kenaikan 10,7 persen.

Produksi industri naik 6 persen pada bulan Desember dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan dan perkiraan kenaikan 6,1 persen.

Investasi aset tetap tidak termasuk daerah pedesaan berekspansi 8,1 persen untuk setahun penuh.

Penguatan pada konsumsi dan investasi menunjukkan berlanjutnya pertumbuhan yang kuat sebelum reschuffle dua dekade sekali kepemimpinan Partai Komunis tahun ini. Tertutupi pada angka utama yang stabil yakni pelebaran divergensi antar daerah dan industri yang menciptakan pemenang dan pecundang di negara berpunduduk 1,4 miliar orang ini.

Ekspansi setahun penuh pada 2017 akan bergerakan lebih rendah menjadi 6,4 persen, survei ekonom Bloomberg menunjukkan, sementara Dana Moneter Internasional telah menaikkan perkiraannya menjadi 6,5 persen. Mempertahankan pertumbuhan membutuhkan pagar untuk menhadapi tantangan kebijakan termasuk merosotnya yuan yang membukukan penurunan tahunan terbesar dalam dua dekade. Cadangan devisa turun $ 320 miliar tahun lalu, dan reset ulang 1 Januari untuk batas transfer tahunan $ 50.000 memberikan risiko tekanan pelarian modal lebih.

Pembuat kebijakan mengeluarkan stimulus fiskal yang lebih tahun lalu untuk membantu menopang pertumbuhan, selain menjaga suku bunga acuan lama tetap pada rekor rendah. Sarana baru money supply management yang akan dilakukan menjadi alternatif untuk pelonggaran luas lebih lanjut yang bisa melemahkan mata uang.

Reflation telah menjadi titik terang seiring indeks harga produsen memghentikan empat tahun deflasinya. Manufaktur telah menguat dengan indeks resmi berada di dekat level tertinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Di balik sinyal-sinyal yang menjanjikan itu, ekspor telah jatuh selama berbulan-bulan di tengah melemahnya permintaan global. Belum lagi pemerintah China mempersiapkan ketegangan perdagangan potensial dengan Trump.

Meskipun penyeimbangan kembali ekonomi terhadap pertumbuhan konsumen berlanjut, reformasi perusahaan milik negara yang tidak efisien dalam industri berat telah terhenti seiring awan hitam kembali menyelimuti ekonomi tahun lalu, menyaingi dengan ketat modal melawan perusahaan-perusahaan swasta.

Pertumbuhan kredit tetap kuat dengan membuat shadow banking membuat comeback sehingga memicu kekhawatiran deleveraging tidak akan terjadi meskipun ada seruan resmi. Pihak berwenang juga mencoba untuk menurunkan harga properti di kota besar yang melonjak kemudian bergerak pelan pada akhir tahun menyusul langkah-langkah pengetatan.

RifanFinancindo