PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Cristiano Ronaldo di Tahun 2017 | PT Rifan Financindo Berjangka

Real Madrid's Portuguese forward Cristiano Ronaldo poses with his five Ballon d'Or trophies ahead of the Spanish league football match between Real Madrid and Sevilla at the Santiago Bernabeu Stadium in Madrid on December 9, 2017. / AFP PHOTO / PIERRE-PHILIPPE MARCOU

Jakarta, Rifan Financindo – Cristiano Ronaldo mendapatkan ganjaran atas penampilan bagusnya di tahun 2017. Dia memenangi penghargaan Ballon d’Or 2017.

Di Paris, Jumat (8/12/2017) dinihari WIB, penganugerahan Ballon d’Or 2017 diselenggarakan. Eks pemain timnas Prancis, David Ginola, menjadi pemandu acara penghargaan yang digagas oleh France Football itu.

Pemenang Ballon d’Or tahun 1996 dan 2002, Ronaldo, juga mendampingi Ginola dalam pengumuman siapa yang akan mendapatkan bola emas di tahun ini. Di posisi tiga besar, tinggal ada Neymar, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo.

Baca juga: Marca Sudah Sebut Ronaldo Pemenang Ballon d’Or 2017

Ronaldo akhirnya dipilih menjadi pemenang, sebab keberhasilannya mengantarkan Real Madrid memenangi Liga Champions dan Liga Spanyol musim 2016/2017.

Ronaldo muncul membawa trofi bola emas di menara Eiffel. Dia lalu dijemput oleh Ginola untuk menuju ke panggung tempat berlangsungnya acara.

Bagi Ronaldo, raihan ini merupakan trofi bola emas yang kelima. Dia menyamai koleksi Messi. Ronaldo meraih empat bola emas dalam lima tahun terakhir.

Ballon d’Or sudah menambah pencapaian Cristiano Ronaldo di tahun 2017 ini. Berikut rangkuman tentang aksi Ronaldo sepanjang tahun ini.

Ronaldo berhak atas Ballon d’Or 2017, yang pengumumannya dilakukan di Paris, Jumat (8/12/2017) dini hari WIB. Ini merupakan kali kelima Ronaldo meraihnya, menyamai Lionel Messi sebagai peraih terbanyak.

Pemain Portugal yang membela klub Real Madrid tersebut meraih Ballon d’Or tahun ini usai menjaring 946 poin, mengungguli Messi (670) dan Neymar (361) yang secara berurutan ada di posisi kedua dan ketiga.

Ballon d’Or menambah penghargaan yang didapat Ronaldo tahun ini. Sebelumnya di tahun 2017 ini Ronaldo juga sudah dianugerahi penghargaan Pemain Terbaik UEFA dan Pemain Terbaik FIFA.

Hasil itu tidak lepas dari performa apiknya, secara khusus di paruh pertama tahun ini. Ronaldo memang punya sejumlah pencapaian di musim 2016/2017 bersama Real Madrid.

Dengan El Real, tahun ini Ronaldo sudah menjuarai La Liga, Liga Champions, Piala Super Spanyol, dan Piala Super Eropa. Masih ada Piala Dunia Antarklub yang masih bisa dijuarai pada bulan Desember ini.

Berikut rangkuman UEFA.com mengenai performa Ronaldo di tahun 2017:

Kompetisi Antarklub Eropa
Penampilan: 14 (13 Liga Champions, satu Piala Super)
Gol: 19 (seluruhnya Liga Champions)

La Liga
Penampilan: 28
Gol: 17

Piala domestik
Penampilan: 3
Gol: 2

Internasional
Penampilan: 11
Gol: 11

TOTAL: 49 gol dalam 56 penampilan (0,87 gol per pertandingan)

sumber: detik