PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Daging Sapi Beku Tiba di Pasar, Mentan Ucap Terima Kasih untuk Aho

Rifan Financindo Berjangka

Rifan Financindo Berjangka – Jakarta: Daging sapi beku akhirnya didistribusikan ke sejumlah pasar. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok punya peran besar dalam mengizinkan daging sapi beku masuk ke pasar-pasar.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menjelaskan, masih ada kepala pasar yang tidak menginginkan daging sapi beku murah masuk ke pasar. Kepala pasar menyampaikan bahwa daging sapi beku tidak disenangi masyarakat.

Tidak hanya itu, kendala lain sulitnya daging sapi beku masuk ke pasar karena terkait regulasi. Mengantisipasi hal ini, Amran mengaku, berbicara dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, agar daging sapi beku bisa masuk ke pasar.

“Kami semalam telepon Pak Gubernur Ahok. Luar biasa beliau, langsung tanggapi, instruksikan harus masuk ke lapak-lapak. Tapi kami ingin lihat langsung bahwa ini sudah tembus masuk ke lapak karena ini arahan Presiden harus masuk ke lapak. Bukan jual di tenda-tenda saja, tapi masuk lapak dan solusi permanen, terus menerus, setelah Idul Fitri juga,” ujar Amran, di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (30/6/2016).

Selain itu, Amran menepis anggapan bahwa daging sapi beku tidak disenangi masyarakat. Hal dibuktikan dengan fakta di lapangan bahwa daging sapi beku laku terjual saat operasi pasar.

“Tiga ton (daging sapi beku terjual) hanya dalam dua jam, dua ton dalam satu jam habis. Artinya, masyarakat senang. Di hotel kan ambil daging sapi beku juga,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Menteri Amran melakukan peninjauan harga daging sapi di tiga pasar berbeda, yakni Pasar Sayur Cipulir, Pasar Kramat Jati, dan Pasar Santa. Secara total keseluruhan, terdapat 18 pasar besar yang menjual daging sapi murah.

Harga daging sapi yang ditawarkan pun terbilang murah. Pasar Sayur Cipulir menawarkan harga daging sapi segar yang dipasok Artha Graha Peduli seharga Rp85 ribu per kilogram (kg), dan daging sapi beku paha depan dibanderol Rp80 ribu per kg.

Sementara, pedangan daging di Pasar Kramatjati mendapat pasokan dari PT Suri Nusantara Jaya. Di sana, harga daging sapi beku di kisaran Rp80 ribu per kg, dan Rp85 ribu per kg untuk daging sapi segar.

Di Pasar Santa, harga daging sapi dijual Rp76 ribu per kg untuk daging sapi paha depan, dan Rp80 ribu per kg untuk paha belakang. Para penjual daging mendapat pasokan dari PT Indoguna Utama.

Menurut Mentan Amran, pasar tersebut tidak hanya menjual daging impor, ada juga daging sapi lokal. Sayangnya, beberapa pedagang masih menjual daging sapi seharga Rp120 ribu per kg.

Selain tiga perusahaan tersebut di atas yang memasok daging, masih ada sembilan perusahaan daging sapi lain. Perusahaan daging sapi tersebut mengimpor daging sapi beku dari Australia.

“Ada 12 perusahaan daging sapi dan tersedia 9 ribu ton. Itu setara dengan 52 ribu ekor sapi. Kita upayakan habis dalam dua minggu. Alhamdulillah, harga daging cenderung turun,” ucap Amran bersyukur. Rifan Financindo Berjangka