PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Deretan Pulau RI yang Dijual Online Sejak 2009 | PT RFB

171a1f11-86fe-4c49-b53c-ce7661f95943_169

Jakarta, PT Rifan Financindo – Situs privateislands.com memajang iklan pulau dijual yang ada di Indonesia. Ini bukan kali pertama situs asal Kanada tersebut menjual pulau di Indonesia.

Baru-baru ini, 2 pulau yaitu Pulau Ajab di Kepulauan Riau dan Pulau Tojo Una-Una di Sulawesi Tengah dijual di situs ini.

Pulau Ajab yang jaraknya hanya 20 menit dari perairan Bintan dijual dengan harga US$ 3,3 juta atau sekitar Rp 44,5 miliar (kurs: Rp 13.500/dolar).

Disebutkan, pulau itu memiliki luas hingga 74,13 hektar dengan status masih perawan alias belum dikembangkan. Sedangkan pulau kedua yaotu Pulau Tojo Una-Una di Sulawesi Tengah disebutkan harganya sesuai permintaan. Pulau ini memiliki luas 3.088,82 hektar.

Menengok ke belakang, ini bukan kali pertama situs ini mengiklankan pulau di Indonesia dijual. Tahun 2012 lalu, privateislands.com juga menjual Pulau
Gambar di barat daya Kalimantan, satu lagi pulau Gili Nanggu di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Harga Pulau Gambar adalah Rp 6,8 miliar. Sementara pulau Gili Nanggu ditawarkan dengan kisaran Rp 9,9 miliar.

Pada tahun 2009, ada tiga pulau di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang ditawarkan di situs Privateislandonline.com, yakni Pulau Makaroni, Pulau Kandui dan Pulau Siloinak.

Pemerintah menegaskan ini adalah isu lama. Pemerintah tetap pada prinsipnya untuk melarang jual beli pulau di Indonesia.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Arif Havas Oegroseno mengatakan, isu soal jual beli pulau ini juga pernah terdengar beberapa tahun lalu. Sikap pemerintah tetap sama, yaitu tak mengizinkan pulau diperjualbelikan.

“Ini isu lama. Dulu, ada sudah lama sekali. Seingat saya, perdebatan muncul ini tahun 2007, 2006. Posisi pemerintah itu sudah jelas, jual beli pulau tidak boleh!” tuturnya.

sumber: detik

id – PT Rifan Financindo Berjangka