PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Ditulis di Facebook, Novel ‘Dystopian’ Karangan Penulis Ukraina Dapat Kecaman

e6062e72-5f72-4d85-a0d8-a50c3a02f21f_43

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Pengarang asal Ukraina Shynkarenko menulis sebuah novel berjudul ‘Dystopian’ di akun Facebook pribadinya. Namun setelah dipublikasikan beberapa bagian, buku tersebut justru mendapatkan kecaman dari otoritas setempat.

Shynkarenko yang juga berprofesi sebagai wartawan itu menulis tentang manusia-manusia yang otaknya dikendalikan oleh tentara Rusia. Fokus pada karakter seorang pria yang kehilangan ingatannya. “Otaknya digunakan oleh tentara Rusia untuk mengontrol satelit,” tulis Steve Komarnyckyj dalam kata pengantar yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Shynkarenko menulisnya di akun Facebook karena menghindari sensor dari pemerintah setempat. Dia bekerja sama dengan Steve pun menterjemahkannya ke dalam bahasa Inggris. Namun, jauh sebelum itu kritiknya terhadap pemerintah bermula pada 2010.

Saat itu, Shynkarenko pernah menulis sebuah cerita di blog. Di dalamnya, ia bercanda tentang rencana pembunuhan Presiden Ukraina, Viktor Yanukovych. Dia pun sempat diinterogasi oleh dinas keamanan dan posting di blog-nya dihapus. Setelahnya, ia beralih ke sosial media Facebook.

Di Facebook, ia menceritakan kisah tentang masa depan pasca-apokaliptik, setelah peristiwa besar-besaran pada 2013 dan 2014 lalu. Penulis yang kini bekerja untuk Ukrainian Helsinki Human Rights Union di Kiev mengubah ceritanya menjadi novel. Dan rencananya akan diterbitkan oleh Kalyna Language Press.

Aktivis Ukraina, Anastasia Taylor-Lind mengatakan tulisan Shynkarenko di Facebook menjadi ruang publik yang bebas. “Beberapa adegan yang ditulisnya mencerminkan kekerasan yang terjadi di sekelilingnya. Dunia gelap tidak diragukan lagi mendatangkan ketakutan dan masa depan negaranya makin terbatasi,” tandasnya.

Sumber: Detik