PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Dolar Menguat di Asia Pasca Rilis Data Pekerjaan

dollar naik

 

Dolar dan euro naik tipis terhadap yen di Asia pada Senin karena didorong optimisme data pekerjaan AS yang menunjukkan pemulihan di perekonomian nomor satu dunia.
Greenback ditransaksikan pada level 102,52 yen di Tokyo ditengah hari perdagangan terhadap 102,50 yen di New York, Jumat.
Euro sedikit lebih tinggi pada level $1,3644 dan 139,88 yen terhadap $1,3641 dan 139,80 yen.
Investor cenderung menjual yen dan pindah ke aset berisiko seperti dolar dan euro karena membaiknya sentimen.
Pada hari Jumat Departemen Tenaga Kerja mengatakan pengusaha AS menciptakan lebih dari 200.000 pekerjaan untuk bulan keempat secara berturut-turut di bulan Mei, menunjukkan pasar pekerjaan yang terus membaik.
Itu terjadi sehari pasca Bank Sentral Eropa meluncurkan langkah-langkah baru pelonggaran moneter untuk melawan risiko deflasi dan kickstart ekonomi zona euro.
Investor sedikit bereaksi pada rilis data revisi pada Senin bahwa PDB Jepang melihat meningkat dalam lebih dari dua tahun terakhir selama kuartal pertama tahun 2013.
Ekonomi Nomor tiga dunia tersebut tumbuh 1,6 persen antara Januari dan Maret, sedikit lebih cepat dari perkiraan awal 1,5 persen.
Namun angka yang kuat tercermin terburu-buru belanja konsumen sebelum kenaikan pajak penjualan pada 1 April lalu yang meredam aktifasi perekonomian di Jepang.
Sumber: AFP