PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Dolar Menguat Terhadap Yen, Pernyataan Kuroda BOJ ditunggu

yen-dollar1

Dolar naik terhadap yen di perdagangan Asia pada hari Jumat dengan greenback menghapus kerugian di awal sesi terkait pemulihan pasar saham di Jepang. Tetapi investor tetap enggan untuk mengambil posisi yang menentukan sebelum Bank of Japan Gubernur Haruhiko Kuroda memberika kesimpulan pertemuannya pada sore hari.
Pukul 0450 GMT, dolar berada dilevel 101.93 yen, pasca turun ke level 101.65 yen, dibandingkan dengan dilevel 101.69 yen pada akhir Kamis di New York. Sementara itu, Euro naik ke level 138.20 yen dari 137.84 yen.
Dolar mendapatkan momentum pada sore hari sebagai indeks Nikkei Stock Average berayun ke wilayah positif. Downside greenback padat sebagian karena pembelian dolar oleh importir Jepang.
Awal sesi, greenback tertekan karena para pedagang menjual dolar karena imbal hasil Treasury AS menurun pasca eskalasi kerusuhan di Irak. Eskalasi pertempuran sektarian di wilayah yang sudah stabil membantu mendorong harga minyak dan menarik turun pasar saham.
Presiden Barack Obama pada hari Kamis mengatakan ia tidak mengesampingkan jenis bantuan AS ke Irak, termasuk kemungkinan serangan udara.
Investor merasa sulit untuk mengambil posisi yang kuat menjelang konferensi pers Kuroda yang dijadwalkan pada pukul 0630 GMT yang menyimpulkan pertemuan dua harinya dengan dewan kebijakan bank sentral.

 

Sumber: MarketWatch