PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Dollar Dekati Level 1 tahun Tertinggi Terhadap Euro Terkait Ekonomi AS

euro-dollar-wisselkoers

Dollar mencapai level tertingginya dalam hampir setahun terakhir terhadap euro seiring tanda-tanda pertumbuhan ekonomi AS dan ketegangan di Ukraina mendorong permintaan mata uang.
Euro mengalami kerugian terhadap 16 mata uang utama dari bulan lalu setelah turun dalam tujuh pekan terakhir, yang merupakan level tertingginya dalam lebih dari satu dekade terakhir. Indeks manufaktur hari ini mungkin menambah kasus pada Bank Sentral Eropa untuk memperluas stimulus. Dollar Australia tetap lebih rendah karena laporan menunjukkan melambatnya manufaktur di China, mitra perdagangan terbesarnya. Dolar Selandia Baru membalikkan kerugian setelah indeks perdagangan naik.
Dolar naik sebesar 0,1 persen ke level $ 1,3120 per euro pada pukul 12:55 waktu Tokyo dari 29 Agustus kemarin, setelah sebelumnya menyentuh level $ 1,3119, yang merupakan level tertingginya sejak 6 September tahun lalu. Pekan lalu Euro turun sebesar 0,8 persen, penurunan tajam sejak Desember 1999 silam.
Euro diperdagangkan di level 136,67 yen, setelah jatuh sebesar 0,7 persen ke level 136,69 yen pada bulan Agustus kemarin. Dollar AS menguat sebesar 0,1 persen dari level 104,17 yen ke level 104,09 pada 29 Agustus, mencatat gain bulanan sebesar 1,3 persen. Hari ini bursa saham AS ditutup untuk memperingati Hari Buruh.
Sumber : Bloomberg