PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Dollar Melemah, Emas Tahan Gain Diatas Level $1,200

emas dan dollar

Emas menahan gain pada hari Selasa ini yang diperdagangkan diatas level $1,200 per ounce akibat pelemahan dollar, sehingga mendorong permintaan logam mulia.
Spot emas stabil di atas level $1,206.55 per ounce pukul 00:34 GMT, sementara logam mulia lainnya mencatat kenaikan pada hari ke-2 secara berturut-turut.
Emas catat gain 1.3% pada hari Senin lalu, lonjakan tertinggi selama satu hari dalam 2 bulan terakhir, naik kembali diatas level $1,200 per ounce akibat dollar melemah terkait aksi ambil untung setelah gain 12 pekan secara berturut-turut.
Pada perdagangan pagi kemarin emas sempat turun di level $1,183.46 level terendahnya sejak Juni 2013 lalu pelemahan kemarin akibat rilis data pekerjaan AS yang mencatat kenaikan yang telah megantarkan dollar melonjak ke level 4 tahun tertingginya.
Rendahnya harga emas hari Senin lalu telah menarik pembelian secara fisik dan penawaran akan emas, sehingga mendukung lonjakan harga.
Bagaimanapun, para investor sedang fokus pada data ekonomi AS yang akan dirilis besok guna mengkaji performa ekonomi dan dampaknya terhadap dollar.
Rilis data yang menunjukkan kenaikan dapat mendorong dollar dan menegaskan akan perkiraan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga AS di pertengahan 2015, sebuah upaya yang dapat mempengaruhi emas.
Impor emas bullion ke Turki September lalu melonjak 12.6 ton, dibandingkan dengan 2 ton pada Agustus lalu, menurut rilis data dari Borsa Istanbul hari Senin lalu.

 

Sumber : Reuters