PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Dollar Menguat Seiring Perbedaan Prospek Kebijakan; Aussie Melemah

5-million-dollars

Rifan Financindo Berjangka, Dolar naik ke level tertingginya dalam hampir 7 tahun terakhir terhadap yen pada spekulasi Federal Reserve bergerak menuju menaikkan tingkat suku bunga, sedangkan Bank of Japan (BoJ) dan Bank Sentral Eropa akan meningkatkan stimulus.
Mata uang AS menguat terhadap 16 mata uang utama jelang laporan Amerika pekan ini bahwa ekonom mengatakan akan menunjukkan manufaktur diperluas dan pengusaha menambahkan pekerja. Sementara Euro melemah ke level 2 tahun terendahnya terhadap Dollar AS jelang ECB akan bertemu pada pekan ini. Dolar Australia turun untuk hari kedua seiring izin persetujuan bangunan turun melebihi perkiraan analis dan pertumbuhan manufaktur China melambat.
Dolar naik sebesar 0,4 persen ke level 112,74 yen pukul 09:14 pagi waktu Singapura setelah sebelumnya naik ke level 112,99, yang merupakan level tertingginya sejak Desember 2007 silam. Mata uang AS menguat sebesar 0,4 persen ke level $ 1,2475 per euro setelah sebelumnya menguat ke level $ 1,2440, level tertingginya sejak Agustus 2012 lalu. Mata uang yen sedikit berubah pada level 140,63 per euro.
Mata uang Aussie turun 0,9 persen ke level 87,18 sen AS setelah turun 0,4 persen di pasar financial pada 31 Oktober kemarin. Pasar perdagangan Jepang ditutup hari ini untuk liburan.
Sumber : Bloomberg