PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Dollar Menguat Seiring Saham Jepang Naik Menjelang Rilis Data AS

5-million-dollars

Dollar menguat terhadap sebagian besar mata uang utama sebelum rilis data diperkirakan menunjukkan ekspansi lanjutan di manufaktur AS. Saham Jepang naik seiring yen turun ke level terendahnya sejak Januari lalu dan sektor pertanian melemah.
Indeks Spot Dollar Bloomberg menguat sebesar 0,2 persen pukul 10:43 pagi waktu Tokyo, menuju level penutupan tertingginya dalam setahun terakhir. Yen melemah sebesar 0,3 persen ke level 104,67 per dolar, mengirim indeks Topix mengalami gain sebesar 0,9 persen. Euro diperdagangkan ke level satu tahun terendahnya terhadap Dollar AS. Indeks MSCI Asia Pasifik kecuali Jepang merosot sebesar 0,4 persen dan Indeks Standard & Poor 500 berjangka turun sebesar 0,1 persen, bersamaan dengan pasar AS yang akan melanjutkan kembali setelah memperingati Hari Buruh pada akhir pekan. Emas tergelincir sebesar 0,2 persen sementara pada sektor pertanian berjangka memperpanjang penurunan.
Investor AS kembali melaporkan manufaktur Amerika yang diperkirakan akan menunjukkan ekspansi lanjutan, meskipun pada laju yang stabil atau sedikit lebih lambat. Rilis data di tengah spekulasi bahwa para pembuat kebijakan di Eropa dan China perlu meningkatkan langkah-langkah stimulus setelah indeks acuan output pabrik kemarin menandakan melambatnya pertumbuhan ekonomi. Bank sentral Jepang dan zona euro akan bertemu dan meninjau kebijakan dalam sepekan terakhir, sementara di Ukraina, pemerintah mengatakan akan mengambil “invasi besar-besaran” Rusia.
Sumber: Bloomberg