PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Donald Trump Kini Ungguli Hillary Clinton | PT Rifan Financindo Berjangka

Polling Terbaru: Donald Trump Kini Ungguli Hillary Clinton

Jakarta,?Rifan Financindo Berjangka -?Polling terbaru CNN menunjukkan perubahan posisi antara calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik Donald Trump dan calon presiden Partai Demokrat Hillary Clinton. Trump kini mengungguli Hillary dua persen, selang 9 minggu menjelang pilpres November mendatang.

Menurut polling terbaru CNN/ORC, seperti dilansir CNN, Selasa (6/9/2016), Trump meraup 45 persen dukungan, mengungguli Hillary yang meraih 43 persen dukungan. Dua kandidat alternatif Gary Johnson dari Partai Libertarian dan Jill Stein dari Partai Hijau masing-masing meraup 7 persen dan 2 persen dukungan.

Baik Trump maupun Hillary terus berkejar-kejaran posisi dalam berbagai polling, selang dua bulan terakhir. Namun selama ini lebih banyak Hillary yang mengungguli Trump. Salah satunya dalam polling CNN awal Agustus, yang menunjukkan Hillary mengungguli Trump hingga selisih 8 persen suara.

Sebagian besar pemilih terdaftar di AS, menurut polling CNN, mengaku mengharapkan Hillary menang dalam pilpres mendatang. Polling juga menunjukkan, 59 persen responden menyebut Hillary akan menjadi yang pertama yang mencapai 270 electoral votes dan hanya 34 persen responden berpikir Trump punya kesempatan menang.

Polling CNN itu juga menunjukkan, lebih dari separuh responden kurang antusias soal pilpres tahun ini, dibanding pilpres sebelumnya. Kurangnya antusiasme cukup besar di kalangan pendukung Hillary, dengan polling menyebut 55 persen pendukung Hillary mengaku tidak begitu antusias memilih untuk tahun ini.

Sedangkan 56 persen pendukung Trump menyatakan lebih semangat untuk memilih dalam pilpres tahun ini. CNN menyebut, angka tersebut turut berkontribusi dalam menaikkan jumlah dukungan bagi Trump dalam polling terbaru ini.

Sementara itu, polling terbaru CNN menunjukkan keunggulan masing-masing kandidat dalam empat isu utama, yakni ekonomi, terorisme, kebijakan luar negeri dan imigrasi.

Menurut polling terbaru CNN, Trump memimpin dalam isu ekonomi dan terorisme, dengan 56 persen responden lebih percaya Trump dalam isu ekonomi, sedangkan hanya 41 persen responden percaya Hillary. Untuk isu terorisme, 51 persen responden lebih percaya Trump dan 45 persen lebih percaya Hillary.

Untuk isu kebijakan luar negeri, sebanyak 56 persen responden yakin Hillary lebih mumpuni dibanding 40 persen responden, yang meyakini Trump mampu menangani isu luar negeri. Isu keempat, yakni imigrasi, sebanyak 49 persen responden memilih Hillary lebih mampu dan hanya 47 persen memilih Trump.

Polling terbaru CNN/ORC ini dilakukan via telepon antara 1-4 September waktu setempat, dengan sampel acak sebanyak 1.001 warga dewasa di AS. Responden yang ikut survei ini terdiri atas 886 pemilih terdaftar dan 786 orang yang menyatakan akan memilih dalam pilpres. Margin of error polling ini adalah sekitar 3,5 persen.

(id, RifanFinancindo)