PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Dybala Dua Gol, Juventus Hajar Barcelona 3-0 | Rifan Financindo

7f3ab17e-7d2d-44bf-ac2e-5dfccdab7155_169

Jakarta, PT Rifan Financindo Berjangka – Juventus meraih keuntungan dari leg pertama perempatfinal Liga Champions usai menang 3-0 atas Barcelona. Paulo Dybala menjadi bintang dengan mencetak dua gol.

Bertanding di Juventus Stadium, Rabu (12/4/2017) dinihari WIB, Juve yang langsung menekan membuka keunggulan di menit ketujuh lewat sepakan Dybala. Penyerang asal Argentina itu kemudian menggandakan keunggulan Juve di menit ke-22.

Di babak kedua, Barca yang tertinggal terus berupaya untuk mencetak gol balasan. Tapi penyelesaian akhir yang buruk serta penampilan apik Gianluigi Buffon menggagalkan upaya Barca untuk mencetak gol. Sementara itu, Juve menambah gol lagi lewat sundulan Giorgio Chiellini di menit ke-55.

Kemenangan ini membuat Juve berada di atas angin. Pertandingan leg kedua akan digelar di Camp Nou pada hari Kamis (20/4/2017) dinihari WIB.

Jalannya Pertandingan

Juventus langsung mengambil inisiatif menekan sejak awal pertandingan. Pressing yang mereka lancarkan menghasilkan tendangan bebas di sisi kanan. Miralem Pjanic mengirim bola ke kotak penalti dan disambut Gonzalo Higuain dengan sundulan. Tapi tandukan Higuain itu masih mengarah tepat ke Marc Andre ter Stegen.

Tekanan Juve akhirnya membuahkan hasil di menit ketujuh. Dari sisi kanan, Juan Cuadrado masuk ke kotak penalti dan mengoper bola kepada Paulo Dybala. Sambil membalikkan badan, Dybala melepaskan tendangan ke arah tiang jauh yang tak bisa dijangkau oleh Ter Stegen.

Setelah mencetak gol, Juve lebih banyak bertahan. Sementara itu, Barcelona mulai menguasai permainan. Barca kemudian mendapat peluang bagus untuk menyamakan skor di menit ke-21.

Lionel Messi mengirim umpan terobosan yang mengarah kepada Andres Iniesta yang sudah masuk ke kotak penalti Juve setelah lolos dari pengawalan lini belakang Juve. Berdiri bebas, Iniesta mencoba meneruskan umpan Messi dengan sepakan kaki kanan ke arah tiang jauh. Tapi Gianluigi Buffon masih bisa menepisnya.

Tak lama berselang, Juve menggandakan keunggulannya. Menyerang dari sisi kiri, Mario Mandzukic melepaskan umpan tarik yang langsung disambar Dybala dengan tembakan keras menggunakan kaki kirinya. Bola meluncur deras ke pojok bawah gawang dan tak bisa dijangkau oleh Ter Stegen.

Barca masih terus berupaya membongkar pertahanan Juve. Lionel Messi sempat mencetak gol namun dianulir karena penyerang Barca itu lebih dulu terjebak offside. Sementara itu, Suarez tak mampu memaksimalkan umpan silang Jeremy Mathieu dari sisi kiri.

Di menit-menit akhir babak pertama, Gonzalo Higuain memaksa Ter Stegen melakukan penyelamatan. Mendapat bola di dalam kotak penalti, Higuain kemudian melepaskan tembakan ke arah gawang. Bola ditepis Ter Stegen dan masih bergulir di kotak penalti. Tapi Mathieu dalam posisi bagus untuk menghalau bola.

Peluang didapat Barca di awal babak kedua. Bola liar di kotak penalti coba dimanfaatkan oleh Messi. Namun tembakannya masih tipis menyamping dari gawang Buffon. Tak lama kemudian, giliran Iniesta yang mencoba melepaskan tembakan, tapi masih melayang di atas mistar gawang.

Juve nyaris menambah keunggulan di menit ke-54. Higuain lolos dari jebakan offside dan tinggal berhadapan dengan Ter Stegen. Tapi tendangan Higuain bisa dihentikan oleh Ter Stegen.

Juve akhirnya benar-benar mencetak gol ketiganya satu menit kemudian. Memanfaatkan tendangan sudut yang dieksekusi Miralem Pjanic, Chiellini –yang meski ditempel ketat oleh Mascherano– menanduk bola ke arah tiang jauh. Bola sempat membentur tiang dan kemudian masuk ke dalam gawang.

Peluang bagus didapat Barca di menit ke-67. Mendapat bola di kotak penalti, Suarez kemudian melepaskan tembakan ke arah gawang. Tapi Buffon lagi-lagi menggagalkan upaya Barca itu.

Cuadrado sempat mencetak gol setelah menuntaskan bola dari Sami Khedira. Tapi wasit mengaluir gol tersebut karena Khedira dinilai ada dalam posisi offside.

Sementara itu, serangan Barca masih belum membuahkan hasil. Umpan Messi masih terlalu tinggi untuk ditanduk Samuel Umtiti yang ada di depan gawang. Sementara tendangan bebas Messi masih membentur pagar betis pemain Juve dan bola muntah tak bisa dimanfaatkan Suarez.

Susunan Pemain

Juventus: Buffon; Dani Alves, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Khedira, Pjanic (Barzagli 89); Cuadrado (Lemina 73), Dybala (Rincon 81), Mandzukic; Higuain

Barcelona: Ter Stegen; Pique, Umtiti, Mathieu (Gomes 46′); Mascherano, Rakitic, Iniesta, Messi; Sergi Roberto, Suarez, Neymar

Rifan Financindo Berjangka