PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Ekonomi RI Tumbuh 5,01%, Darmin: Harusnya Lebih Tinggi | PT Rifan Financindo

f16a2204-95f5-4ee0-9aaa-5add8f2e7374_169

Jakarta, PT Rifan Financindo – Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution mengaku sedikit kecewa lantaran ekonomi Indonesia di triwulan pertama tahun 2017 hanya tumbuh 5,01%.

Meski angka ini lebih tinggi dibanding triwulan I tahun 2016, menurut dia, pengaruh harga komoditas yang membaik di tahun ini harusnya bisa memacu konsumsi rumah tangga lebih banyak lagi.

“Ya lebih baik dari Q1 tahun lalu. Tapi ya kita sebetulnya, tadinya mengharapkan tumbuh lebih dari itu (lebih dari 5,01%). Karena kenaikan ekspor, terutama harga komoditi perkebunan, itu mestinya menaikkan konsumsi penduduk di Sumatera dan Kalimantan. Mungkin pengaruhnya belum kelihatan,” katanya saat ditemui di kantornya, Jumat (5/5/2017).

Namun demikian, ia berharap dengan tercapainya pertumbuhan ekonomi 5% di tiga bulan pertama, bisa terus dijaga pertumbuhannya, sehingga pada akhir tahun ekonomi bisa tumbuh secara keseluruhan 5,3%.

“Kita berharap kuartal-kuartal berikutnya, dia mengikuti pola. Paling tidak seperti pola tahun lalu, sehingga arahnya di tahun 2017 ini pertumbuhan bisa berkisar di 5,3%,” ucap dia.

Sebelumnya, Darmin mengatakan penerimaan negara perlu lebih dipacu lagi sehingga APBN sebagai salah satu instrumen fiskal negara juga dapat menjadi motor andalan penggerak ekonomi Indonesia. Dengan meningkatnya penerimaan negara, maka realisasi belanja negara diharapkan dapat mendorong tingkat konsumsi sekaligus menguatkan sektor produktif sebagai penggerak pertumbuhan perekonomian.

“Penerimaan negara mungkin (masih perlu didorong), sehingga pengeluarannya itu bisa menjadi ikut menjadi pendorong,” pungkasnya.

sumber: www.detik.com

PT Rifan Financindo Berjangka