PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Emas Bergerak Stabil; Dolar Menguat, Dana Keluar Dapat Membebani

emas dolar

Emas tetap stabil di bawah level $1.290 per ons pada Selasa, namun dolar menguat dan arus keluar dari dana bullion top dunia (SPDR Gold Trust) mengancam akan membebani sentimen.
Spot emas stagnan pada level $1,288.39 per ons pukul 07:34 waktu Singapura, pasca tergelincir sebesar 0,4 persen pada sesi sebelumnya. Emas AS naik sebesar 50 sen pada level $1,289.40.
Logam berada di bawah tekanan pada Senin kemarin karena perjanjian bailout untuk menyelamatkan bank kreditur terbesar di Portugal dan meningkatnya di pasar ekuitas mengurangai pembelian aset safe haven.
Dalam ukuran sentimen investor, SPDR Gold Trust, reksadana berbasis emas yang ditransaksikan di bursa terbesar di dunia, mengatakan kepemilikan sahamnya jatuh sebesar 1,79 ton menjadi 800,05 ton pada hari Senin.
Pasar mengamati perkembangan geopolitik kedepan akibat memburuknya ketegangan.
Israel dan gerakan Islam Hamas sepakat pada hari Senin kemarin untuk melakukan gencatan senjata yang diusulkan oleh Mesir untuk mengakhiri pertempuran di Jalur Gaza dalam empat pekan terakhir sementara Yerusalem diguncang dua serangan roket sebagai reaksi kekerasan di jalur Gaza.
Sumber: Reuters