PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Emas Berjangka Naik Jelang Keputusan Stimulus the Fed di New York

204910_harga-emas-anjlok_663_382

Bloomberg (19/12) ? Komoditi emas alami kenaikan di New York sebelum keputusan the Fed pada sebuah kemungkinan pemangkasan terhadap stimulus.

Pihak FOMC akan akan merilis pernyataan kebijakannya hari ini pada jam 2 siang di Washington setelah pertemuan selama dua hari, ketua the Fed Ben S. Bernanke akan mengadakan sebuah konferensi berita pada jam 2:30 siang, pihak otoritas kemungkinan mengurangi pembelian obligasi bulanan ? dalam beberapa bulan mendatang? seiring dengan peningkatan ekonomi, seperti yang mereka katakana pada pertemuan ditanggal 29-30 Oktober yang lalu.
Sementara terdapat 34% dari survey ekonom oleh Bloomberg pada tanggal 6 yang memprediksi bahwa the Fed akan memangkas pembelian pada pekan ini, dengan 40% yang memperkirakan bahwa langkah pemangkasan akan dimulai bulan Maret.

Emas berjangka untuk pengiriman Februari gain 0.4% menuju penetapan dilevel harga $1,235 per ons pada jam 1:35 siang pada bursa Comex di New York, sementara perdagangan berada sebanyak 38% lebih rendah dari rata-rata 100 hari terakhir untuk saat ini, berdasarkan data Bloomberg.

Tahun ini emas turun sebanyak 26%, dengan harga bergerak menuju penurunan tahunan pertama sejak tahun 2000 yang berada ditengah spekulasi bahwa the Fed akan mulai memangkas pembelian obligasinya yang senilai $85 Milyar, logam tersebut naik 70% dari bulan Desember 2008 hingga Juni 2011 seiring the Fed memompa dana lebih dari $2 Trilyun masuk kedalam sistem keuangan.

Terdapat peluang sebesar 60% bahwa the Fed akan mengumumkan pengurangan stimulusnya dihari ini menurut pernyataan dari Mohamed El-Erian, the chief executive officer of Pacific Investment Management Co., dalam interview dengan Betty Liu dan Cory Johnson pada televise Bloomberg.Sedangkan kepemilikan dalam ETP berbasis emas terjatuh 6.4 metrik ton ke level 1,796.1 ton dihari kemarin, yang terendah sejak November 2009, berdasarkan data Bloomberg.

Selain itu komoditi perak untuk pengiriman Maret gain sebanyak 1.1% menuju ke level harga $20.059 per ons.(tito)

Button Title