PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Emas Dekati Level 3 Pekan Tertinggi

Emas naik lagi

Rifan Financindo Berjangka, Emas diperdagangkan mendekati level tertinggi dalam tiga pekan terakhir karena investor mengkaji peningkatan stimulus di seluruh dunia terhadap outlook suku bunga AS yang lebih tinggi.
Bullion untuk pengiriman segera berada di level $ 1,199.93 per ons pada 9:04 pagi di Singapura dari level $ 1,200.98 kemarin, ketika naik 0,3%, menurut harga Bloomberg. Logam naik pada 21 November untuk $ 1,207.93, tertinggi sejak 30 Oktober, setelah China secara tak terduga menurunkan suku bunga acuan untuk pertama kalinya dalam dua tahun, mengikuti dengan Jepang dan Eropa dalam mengambil langkah-langkah untuk memacu pertumbuhan.
Emas stagnan tahun ini setelah merosot tajam dalam tiga dekade pada 2013 seiring Federal Reserve mengkaji utnuk menaikkan biaya pinjaman ditengah pemulihan ekonomi AS, sementara bank sentral lainnya menambah stimulus. Presiden ECB Mario Draghi mengatakan pekan lalu bahwa ECB akan memperluas pembelian aset jika diperlukan, sedangkan BOJ bulan lalu meningkatkan pembelian obligasi pada rekor laju tahunan tercepat.
Sementara di China, konsumen terbesar di dunia, impor emas dari Hong Kong naik untuk bulan ketiga pada bulan Oktober, menurut Departemen Sensus Hong Kong dan Statistik kemarin. Volume untuk kontrak acuan Shanghai Gold Exchange ini telah menduduki rata-rata harian tahun ini sekitar 14.877 kilogram setiap hari sejak 8 Oktober sampai kemarin.
Sumber: Bloomberg