PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Emas Ditransaksikan Dekat level Terendah Januari, Prospek Suku Bunga AS Dorong Dolar

emas2

Emas mendekati level terendah dalam delapan bulan terakhir karena prospek biaya pinjaman AS yang lebih tinggi sehingga membuat dolar menguat, sementara permintaan terhadap emas melemah. Perak turun ke level terendah dalam empat tahun terakhir dan platinum turun ke level terendahnya di tahun ini.
Emas untuk pengiriman diperdagangkan pada level $ 1,217.91 per ounce pukul 8:31 pagi di Singapura meningkat dari level $ 1,215.70 pada 19 September kemarin, sementara itu logam turun ke $ 1,213.87, merupakan level terendah sejak 2 Januari lalu, menurut harga Bloomberg. Indeks menguat dalam 14-hari tertahan di bawah RSI 30 hari untuk hari kedelapan, merupakan sinyal terhadap beberapa investor bahwa harga emas mungkin siap untuk rebound.
Bullion menuju penurunan di kuartalan pertama pada tahun ini karena Indeks Bloomberg Dollar Spot naik ke level tertingginya dalam empat tahun terakhir dan para investor mengurangi kepemilikan pada produk yang diperdagangkan di bursa emas terbesar tersebut. Pejabat Federal Reserve pekan lalu menaikkan perkiraan suku bunga untuk tahun 2015 nanti, bahkan bank sentral berjanji untuk mempertahankan suku bunga rendah untuk waktu yang cukup.
Emas untuk pengiriman Desember diperdagangkan pada level $ 1,217.60 per ounce di Comex New York lebih tinggi di bandingkan 19 September kemarin pada level $ 1,216.60, dan ketika harga emas turun ke level $ 1,214.20, yang merupakan level terendah sejak Januari lalu. Posisi beli bersih berjangka dan opsi turun selama seminggu berturut-turut, dengan spekulasi meningkatkan taruhan singkat ke level tertinggi sejak Juni dalam pekan yang berakhir 16 September kemarin, menurut data pemerintah AS.
Sumber: Bloomberg