PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Emas Kembali Merosot Seiring Kenaikan Dollar

emas naik terus

Rifan Financindo Berjangka, Emas pada hari Selasa ini memangkas dari gain yang tercatat kemarin akibat dollar kembali naik dan merosotnya harga minyak dunia, sehingga menurunkan daya tarik emas sebagai tempat lindung nilai.
Spot emas turun 0.25 ke level $1,200.26 per ounce pukul 00:36 GMT.
Pada Senin lalu emas sempat melonjak lebih dari 1% denga mencapai level $1,200-per-ounce pasca penurunan dollar dari level 5 tahun tertingginya.
Akan tetapi dollar pada hari Selasa ini kembali naik dan menguat terhadap mayoritas mata uang lainya.
Menguatnya greenback mengantarkan denominasi dollar terhadap emas menjadi lebih mahal bagi para pemegang mata uang lainnya dan juga menurun daya tariknya sebagai sebuah investasi alternatif.
Menurunnya harga minyak dunia juga melukai daya tarik emas sebagai tempat lindung nilai terhadap inflasi yang dipicu oleh minyak. Minyak mentah pada Senin lalu turun ke level 5 tahun terendah.
Sentimen investor telah menurun tajam. Kepemilikan pada SPDR Gold Trust pada Senin lalu turun 0.25% menjadi 719.12 ton.
Rilis data hari ini terkait ekonomi AS yang akan mengindikasikan adanya pemulihan ekonomi dan seberapa cepat Federal Reserve akan menaikkan suku bunga.
Membaiknya data dan naiknya suku bunga dapat mendorong kenaikan dollar dan melukai daya tarik emas bullion.
Sementara itu, dari berita pertambangan, Zijin Mining Group Co Ltd, perusahaan produsen emas terbesar di China yang telah terdaftar di bursa saham, melakukan transaksi pembelian 10% saham dari Pretium Resources Inc.
Sumber : Reuters