PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Emas Melanjutkan Kenaikannya Berturut-turut Selama Enam Pekan Terakhir

Emas naik lagi

 

Emas mempertahankan kenaikan tajamnya semalam menuju perdagangan mendekati level tertingginya selama 16-pekan terakhir pada hari Jumat dan siap untuk mengirim kenaikan mingguan keenam berturut-turut akibat masalah di sebuah bank kreditur Portugis yang menekan pasar ekuitas dan memicu permintaan safe-haven untuk emas batangan.
Spot emas naik tipis sebesar 0,1 persen ke level $1,336.36 per ons pukul 07:28 di Singapura, pasca ditutup naik sebesar 0,7 persen pada hari Kamis, ketika naik ke level tertingginya di level $1.345, level tertinggi sejak 19 Maret lalu.
Emas telah naik lebih dari 1 persen pekan ini. Emas menuju kenaikan mingguan keenam secara beruntun terpanjang sejak Februari-Maret ketika itu emas mengalami kenaikan yang sama.
Pasar saham Eropa dan AS jatuh, dan obligasi imbal hasil negara-negara Eropa selatan naik pada hari Kamis karena kekhawatiran investor atas masalah keuangan di perusahaan induk Banco Espirito Santo anjlok di seluruh pasar dan perbatasan.
Sementara itu, India mengejutkan pasar bullion dengan tidak mengubah kebijakan bea masuk terhadap emas dan perak sebesar 10 persen dalam anggaran fiskal, tindakan ini mungkin akan membatasi pembelian luar negeri oleh konsumen bullion terbesar kedua dan selanjutnya mendorong penyelundupan.
SPDR Gold Trust, reksadana berbasis emas yang penyertaannya ditransaksikan di bursa terbesar didunia, mengatakan kepemilikan sahamnya jatuh 0,23 ton menjadi 800,05 ton pada hari Kamis.
Sumber: Reuters