PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Emas Mempertahankan Penurunan Pekan Tertajamnya Sejak September

emas2

 

Emas ditransaksikan di level dua pekan tertingginya dan menetapkan untuk menghentikan penurunan terpanjangnya sejak bulan September pasca meningkatnya permintaan safe haven terkait ketegangan atas Ukraina dan Timur Tengah.
Bullion untuk pengiriman akan ditransaksikan level $ 1,310.99 per ons pukul 8:56 di Singapura dari level $ 1,312.63 kemarin ketika harga naik di hari ketiga melakukan reli terpanjangnya hampir sebulan, menurut harga generik Bloomberg. Sementara logam mencapai level $1,314.56 kemarin, tertinggi sejak 22 Juli lalu, Rusia akan melarang impor pertanian dari Amerika Serikat dan Uni Eropa terkait balasan atas sanksi yang diberikan oleh mereka.
Gejolak di Ukraina dan Timur Tengah membuat harga emas rebound di tahun ini dari penurunan terbesarnya lebih dari tiga dekade terakhir. Rusia sedang mempertimbangkan akan membatasi penerbangan dari Eropa dan Amerika Utara dan penerbangan di atas Siberia. Di Timur Tengah, Israel dan Hamas saling melakukan ancaman pasca pembicaraan dalam menemukan kesepakatan jangka panjang yang gagal pada gencatan senjata tiga hari kemarin, sementara militan Islam kemarin ditangkap saat berada dibendungan terbesar Irak.
Emas telah naik sebesar 1,3 persen pekan ini bahkan ketika dolar mencapai level tertingginya selama sembilan bulan terhadap euro terkait tanda-tanda pulihnya perekonomian AS sementara perekonomian Eropa belum stabil. Harga emas turun pada tiga minggu kemarin. Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi kemarin mengisyaratkan kebijakan moneter akan berbeda dengan Amerika Serikat dalam jangka waktu yang belum ditentukan.
Sumber: Bloomberg