PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Emas Mendekati Puncak 2-1/2 Bulan; Dollar Melemah, Arus Masuk Dana Tingkatkan Daya Tarik

emas stabil

 

Emas diperdagangkan mendekati level tertinggi dalam 2-1/2 bulan pada hari Selasa, seiring pelemahan dolar dan memuncaknya kekerasan di Irak yang meningkatkan daya tarik logam kuning tersebut.
Spot emas menurun sedikit ke $ 1,325.66 per ons pukul 07:20 pagi. Harga naik hampir 1 persen pada sesi sebelumnya, setelah mencapai puncak $ 1,329.10, tertinggi sejak pertengahan April.
Dolar mendekam di posisi terendah sejak tujuh minggu terhadap mata uang utama lainnya pada hari Selasa, memperpanjang penurunan selama sebulan setelah data-data ekonomi terbaru memberikan keraguan terhadap kekuatan pemulihan ekonomi di Amerika Serikat.
Melemahnya greenback membuat emas berdenominasi terhadap mata uang dolar lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.
Emas juga didukung oleh tawaran safe-haven dari ketegangan geopolitik di Timur Tengah. Tentara Irak tengah berjuang untuk mengusir kelompok Al Qaeda dari kota Tikrit pada hari Senin setelah pemimpinnya menyatakan kekhalifahan negara Islam baru di wilayah sebagian Irak dan Suriah.
Membaiknya sentimen terhadap emas tercermin dalam SPDR Gold Trust, exchange-traded fund terbesar dunia berbasis emas, yang kepemilikannya naik 5,68 ton menjadi 790,70 ton pada hari Senin kemarin – inflow terbesar dalam sebulan terakhir.
Di pasar fisik, penjualan koin emas AS pada Juni naik ke level tertingginya sejak Januari meskipun dealer memperkirakan harga emas akan menguat sehingga bisa meredam minat investor pada semester kedua tahun ini.
logam platinum stabil, setelah mengakhiri lima bulan kelumpuhan akibat pemogokan di tambang Afrika Selatan pekan lalu.
Sumber: Reuters