PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Emas Pertahankan Penurunan Tajamnya 3-pekan Terakhir

emas

 

Emas ditransaksikan menurun dalam tiga pekan terakhir terkait para investor mempertimbangkan prospek pertempuran yang terjadi lagi di Gaza dan memanasnya ketegangan antara Ukraina dan Rusia yang berpengaruh terhadap prospek ekonomi AS dan dolar yang lebih kuat.
Emas untuk pengiriman akan ditransaksikan di level $ 1,309.12 per ons pada pukul 9:12 pagi di Singapura dari level $ 1,309.51 kemarin, menurut harga generic dari Bloomberg. Logam pada 8 Agustus kemarin mencapai ke level $ 1,322.76, menjadi level tertingginya sejak 18 Juli lalu, terkait AS menyetujui serangan udara melawan militan Islam di Irak.
Bullion naik sebesar 8,9 persen pada tahun ini di tengah kerusuhan yang terjadi di Ukraina, Irak dan Gaza, yang mendorong permintaan safe haven, dan pemulihan global tidak merata. Data kemarin menunjukkan bahwa kepercayaan investor Jerman turun ke level terendahnya sejak 2012 lalu, mengirimkan euro ke level terendahnya dalam sembilan bulan terakhir terhadap dolar. Pemerintah di Kiev berselisih mengenai kemungkinan konvoi Rusia yang membawa bantuan ke daerah-daerah yang dikuasai pemberontak, sementara Israel siap untuk melanjutkan pertempuran di Gaza.
Data hari ini mungkin menunjukkan bahwa penjualan ritel AS naik pada bulan keenam, menambahkan tanda-tanda perekonomian terbesar dunia ini membaik terkait The Fed mengambil tindakan untuk mengakhiri stimulus yang digunakan dalam meningkatkan konsumsi bahan bakar di AS, sambil mempertimbangkan kenaikan tingkar suku bunga AS. Indeks Dollar Bloomberg ditransaksikan mendekati level tertingginya dalam lima bulan terakhir.
Emas untuk pengiriman Desember ditransaksikan pada level $ 1,310.10 per ons di Comex New York dari level $ 1,310.60 kemarin. Holdings di SPDR Gold Trust tidak berubah di hari kedua kemarin pasca penurunan pekan lalu di bawah level tertinggi mereka tahun 2013 lalu.
Perak untuk pengiriman akan ditransaksikan di level $ 19,9463 per ons dar leveli $ 19,9227 kemarin. Spot platinum turun sebesar 0,2 persen ke level $ 1,465.75 per ons, sementara paladium stagnan di level $ 877,50 per ons.
Sumber: Bloomberg