PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Emas Stabil Dekati Level Tertinggi 2 Bulan, Siap Untuk Gain Kuartalaan Kedua

emas naik stabil

Emas tetap stabil mendekati level tertinggi dua bulan terakhir pada hari Senin dan tampak siap untuk membukukan kenaikan kuartalan kedua berturut-turut ditengah ketegangan geopolitik yang mendorong daya tarik safe haven logam tersebut.
Spot emas berada di $ 1,314.93 per ounce pukul 07:27 pagi , dekat dari level tertinggi dua bulan di $ 1,325.90 yang disentuh pekan lalu.
Logam itu telah naik 2,4 persen untuk kuartal kedua tahun ini setelah naik hampir 7 persen pada kuartal sebelumnya yang dikarenakan adanya kekerasan di Ukraina dan Irak.
Tentara Irak mengirim tank dan kendaraan lapis baja untuk melawan pemberontak dari sebelah utara kota Tikrit pada hari Minggu kemarin, hari kedua dari upaya pengambilalihan militan Sunni yang menegangkan di Irak.
Di wilayah lain, pertempuran masih berkobar antara pasukan Ukraina dan separatis pro-Rusia di sekitar sebelah timur kota Slaviansk pada hari Minggu lalu meskipun gencatan senjata diperpanjang sampai hari Senin malam, batas waktu yang juga ditentukan oleh para pemimpin Uni Eropa dalam mempertimbangkan sanksi baru terhadap Rusia. Hedge fund di emas berjangka dan opsi meningkat tajam ke level tertingginya sejak bulan Maret lalu, berdasarkan data dari Commodity Futures Trading Commission Jumat lalu.
Logam mulia lainnya, seperti perak, platinum dan paladium semua juga menuju keuntungan kuartalan kedua secara berturut-turut. Anglo American Plc telah menempatkan beberapa tambang platinum di Afrika Selatan untuk dijual oleh Chief Executive Mark Cutifani yang berkinerja buruk, kutip media Sunday Times, Inggris.
Sumber: Reuters