PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Emas Stagnan Pasca Turun Ke Level 8 Bln Terendahnya

emas

Emas stagnan di London setelah sebelumnya mencapai level 8 bulan terendahnya akibat Federal Reserve diperkirakan akan menaikkan suku bunga. Sementara platinum mencapai level terendahnya sepanjang tahun 2014 ini.
Hari ini dollar mencapai level 14 bulan teringginya terhadap euro setelah The Fed menaikkan perkiraan rata-ratanya terkait suku bunga sebesar 1.375% diakhir 2015 dengan perkiraan Juni lalu yang menyatakan sebesar 1.125%. Naiknya suku bunga mengurangi daya tarik emas karena emas hanya menawarkan tingkat pengembalian (return) kepada para investor hingga harga catat gain, sementara penguatan dollar biasanya menurunkan permintaan akan tempat lindung nilai tersebut.
Emas menghentikan reli selama 12 tahun pada 2013 lalu setelah bank sentral AS berencana memangkas pembelian aset bulanannya, yang mana kemarin telah dilakukan sebanyak 7 kali. Emas sedang menuju penurunan kuartalan pertamanya sepanjang tahun 2014 ini ditengah tanda-tanda membaiknya ekonomi AS. Penurunan telah mempertahankan indkes kenaikan relative emas bullion selama 14 hari dibawah angka 30 sejak pekan lalu, sehingga memberikan sinyal kepada beberapa trader yang mempelajari grafik bahwa harga diperkirakan akan rebound.
Emas untuk pengiriman segera naik sebesar 0.2% ke level $1,225.54 per ounce pukul 9:30 pagi waktu London, menurut harga dari Bloomberg. Hari ini emas mencapai level $1,216.30, level terendah sejak 2 Januari lalu. Emas untuk pengiriman Desember turun sebesar 0.8% ke level $1,226 di Comex, New York.
Sumber : Bloomberg