PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Emas Tertekan oleh Sentimen Data AS

emas turun

Emas memperpanjang penurunan ke level terendah dalam tahun ini setelah data payrolls AS melebihi perkiraan, mengangkat dolar dan memicu ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga. Platinum turun ke terendah lima tahun dan perak turun ke level terendah sejak 2010.
Bullion untuk pengiriman segera turun sebanyak 0,7 % ke level $ 1,183.24 per ons, level yang terakhir kali terlihat pada 31 Desember yang lalu, dan berada di level $ 1,187.97 pada pukul 09:49 pagi di Singapura, menurut Bloomberg generic pricing. Platinum merosot sebanyak 2,8 %, sementara perak menurun 1 % dan paladium turun 2,4 %.
Investor menghindari emas akibat tanda-tanda bahwa ekonomi AS dipercepat mengangkat dolar dan meningkatkan ekspektasi bahwa The Fed akan bergerak lebih dekat untuk menaikkan biaya pinjaman. Rate atau suku bunga yang lebih tinggi mengurangi daya tarik emas karena logam umumnya hanya menawarkan investor pengembalian melalui kenaikan harga, sementara dolar yang lebih kuat biasanya memotong permintaan untuk penyimpan nilai. Harga emas menuju penurunan tahunan pertama back-to-back sejak tahun 2000 yang lalu setelah pada tahun lalu turun 28 %, penurunan terbesar dalam tiga dekade terakhir.
Sumber : Bloomberg