PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Era Ponsel dengan RAM 4GB Dimulai!

SKOREA-TECHNOLOGY-TELECOM-SMARTPHONE-SAMSUNG

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Era ponsel dengan RAM 4 GB dipastikan bakal segara hadir, Samsung baru saja mengumumkan chip RAM terbaru untuk ponsel dan tablet dengan kapasitas 4 GB. Bahkan produsen Korea Selatan ini juga telah siap memproduksinya.
Menariknya lagi, standar RAM berkapasitas 4 GB yang diproduksi Samsung juga naik kelas jadi LPDDR4. Sebagai informasi, sebagian besar standar RAM yang digunakan ponsel-ponsel saat ini memang mengandalkan jenis LPDDR3, meski juga sudah cukup banyak yang pakai LPDDR4. Namun kapasitasnya hanya mentok di angka 2 GB dan 3 GB.
Seperti detikINET kutip dari Phone Arena, Rabu (24/12/2014), Samsung akan memproduksi standar RAM LPDDR4 dengan proses pabrikasi 20 nm. Dengan pabrikasi tersebut, Samsung pun mengklaim chip RAM besutannya itu bakal punya kemampuan transfer data sampai 3200 Mbps.
Penggunaan chip LPDDR4 juga memungkinan perangkat untuk melakukan perekaman video pada resolusi UHD (3840×2160 pixel) dan memutarnya. Ditambah lagi kamera pada perangkat juga bakal bisa melakukan jepretan secara continuous yang menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi diatas 20 MP.
Lebih lanjut, Juru bicara Samsung juga mengatakan chip LPDDR4 berkapasitas 4 GB yang dibuatnya lebih hemat daya hingga 40% dibanding chip RAM LPDDR3 yang saat ini banyak beredar.
?Dengan memulai produksi 20nm 8Gb LPDDR4, yang bahkan lebih cepat dari DRAM untuk PC dan server dan mengkonsumsi lebih sedikit energi, kami telah berkontribusi untuk memacu perkembangan standar UHD, pada perangkat (mobile) dengan layar besar (phablet-red),? ujar Joo Sun Choi, VP Memory sales & Marketing Samsung.
Samsung menjanjikan chip RAM 4 GB besutannya itu sudah akan dilempar ke pasaran mulai awal tahun 2015 mendatang.
Artinya mulai saat itu bakal hadir perangkat-perangkat dengan kapasitas RAM 4 GB yang dikombinasi prosesor 64 bit dan bersistem operasi Android Lollipop versi 64 bit, yang sangat mungkin diawali oleh ponsel dari Samsung. Namun sepertinya akan diposisikan di segmen kelas atas.
Sumber : http://inet.detik.com/