PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Facebook Uji Fitur Percakapan Rahasia

21c46e7f-016e-41a4-8b3c-6519142567a8_169

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Sepertinya hampir semua layanan pesan instant akan dibekali fitur enkripsi. Facebook pun akan menawarkan enkripsi end to end untuk percakapan di layanan Facebook Messenger.

Fitur ini tentunya akan memungkinkan percakapan para pengguna Facebook Messenger tak bisa diintip atau terhindar dari pengawasan mata-mata.

Dengan menerapkan enkripsi end to end, pesan hanya bisa dibaca oleh dua perangkat, yakni di perangkat si pengirim dan penerima pesan. Fitur sebelumnya sudah diadopsi Whatsapp, aplikasi messenger populer yang diakuisisi Facebook.

Pesan hanya akan tersimpan di perangkat pengirim dan penerima, bukan server Messenger. Bahkan dikatakan Facebook, pihak mereka pun tak akan bisa mengintip pesan yang dienkripsi tersebut.

“Itu artinya, pesan tersebut hanya ditujukan bagi Anda dan si penerima, bukan orang lain, termasuk kami,” kata Facebook dikutip melalui postingan blognya, Senin (11/7/2016).

Self-destruct message atau penghilangan pesan setelah dibaca secara otomatis bisa diatur dalam jangka waktu tertentu sesuai keinginan pengguna, mulai dari 5 detik hingga satu hari.

Fitur percakapan rahasia ini mulai diujicoba Facebook sejak pekan lalu, bagi sejumlah pengguna. Ketersediaannya secara resmi dijanjikan beberapa pekan lagi, dan akan dirilis secara bertahap hingga tersedia untuk semua.

Bagi pengguna, fitur enkripsi semacam ini mungkin akan banyak disukai, sehingga Facebook menjadikannya jualan untuk menarik minat pengguna baru.

Di sisi lain, enkripsi akan menyulitkan penegak hukum, misalnya ketika menyelidiki kasus kejahatan yang melibatkan komunikasi via layanan ini. Facebook bisa saja kena masalah ketika penegak hukum memintanya membuka akses demi kepentingan penyelidikan