PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Firefox: Selamat Tinggal Google

Firefox: Selamat Tinggal Google

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Beberapa tahun belakangan ternyata Mozilla dan Google punya hubungan eksklusif. Namun kontrak keduanya kini telah berakhir dan Mozilla memastikan beralih ke pesaing Google, yakni Yahoo dan juga Baidu.

Jadi hubungan keduanya dahulu adalah dalam bentuk perjanjianyang menempatkan Google sebagai mesin pencarian standar browser Firefox. Bahkan berkat kerjasama ini Mozilla disebut telah berhasil mengantungi pendapatan hingga USD 330 juta, yang mana 98% di antaranya bersumber dari kerjasamanya dengan Google.

Namun masa-masa manis keduanya dipastikan telah berakhir seiring habisnya masa kontrak. Mozilla kini melirik mesin pencarian lainnya untuk melengkapi browser andalannya, Firefox. Dan Yahoo yang sekarang dipercaya sebagai mesin pencarian standar di Firefox.

Tapi sementara ini mesin pencarian Yahoo hanya dipakai untuk penggunaan Firefox di wilayah Amerika Serikat. Sedangkan untuk China adalah Baidu yang dipilih Mozilla sebagai mesin pencariannya.

Meski kontrak Mozilla dan Google sudah berakhir, mesin pencarian raksasa internet itu tidak benar-benar dihilangkan dari browser Firefox. Mozilla menyebut masih mengandalkan Google untuk Firefox yang dipakai di sebagian besar wilayah Eropa.

Namun berbeda dengan sebelumnya, penggunaan mesin pencarian Google di Firefox sekarang tak memberikan pemasukan apapun ke Mozilla. ?Kami sudah tak punya hubungan bisnis lagi dengan Google saat ini,? Denelle Dixon-Thayer, Chief Business dan legal officer Mozilla, seperti detikINET kutip dari Ars Technica.

Meski begitu menurut Jim Cook, Chief Financial Officer Mozilla, perusahaannya di tahun 2015 memiliki performa bisnis yang lebih baik dibanding tahun 2014 ketika masih menggandeng Google. Kerjasama yang erat dengan mesin pencarian yang sekarang disebut-sebut menjadi alasan kuatnya.

 

Sumber:?http://inet.detik.com/