PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Gempa 7,4 SR Guncang Papua Nugini, Ada Peringatan Tsunami

ilustrasigempaafpdlm

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Gempa bumi berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) melanda wilayah Papua Nugini. Peringatan tsunami dikeluarkan untuk wilayah sejauh 300 kilometer dari pusat gempa, namun diperkirakan tidak bersifat menghancurkan.

Disampaikan Survei Geologi AS (USGS) seperti dilansir Reuters, Selasa (5/5/2015), pusat gempa berada di lokasi sejauh 150 kilometer dari kota Rabaul, Papua Nugini. Gempa tercatat terjadi sekitar pukul 01.40 GMT di kedalaman 63 kilometer dari permukaan laut.

Gempa ini awalnya tercatat berkekuatan 7,5 SR namun kemudian diturunkan menjadi 7,4 SR.

Secara terpisah, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan peringatan tsunami. Namun diperkirakan tidak akan ada tsunami yang bersifat merusak dan meluas ke wilayah Pasifik. Diperkirakan tsunami tidak akan mencapai wilayah Hawaii.

Pemilik Hotel Rabaul di Rabaul, Susan McGrade menuturkan kepada Reuters, gempa bumi ini terasa kuat di wilayah tersebut. Bahkan dilaporkan air yang ada di kolam renang ikut bergelombang.

Namun demikian, sejauh ini belum ada laporan kerusakan di wilayah tersebut.

Gempa bumi ini merupakan yang terbaru dari rangkaian gempa bumi yang melanda wilayah Papua Nugini dalam beberapa hari terakhir. Pada Jumat (1/5) lalu, gempa berkekuatan 7,1 SR melanda wilayah yang berjarak 110 kilometer barat daya kota Kokopo.

Sehari sebelum itu, atau pada Kamis (30/4), gempa berkekuatan 7,7 SR membuat panik warga di lepas pantai dekat Papua Nugini dan Kepulauan Solomon diminta tetap waspada. Gempa tercatat terjadi di 54 kilometer dari kota Kokopo Panguna di Pulau New Britain, dengan kedalaman sekitar 65 kilometer.

Sumber: http://finance.detik.com/