PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Harga Emas Merosot Dibayangi Masa Depan Yunani di Zona Euro

Gold bars are displayed at the Ginza Tanaka store in Tokyo

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Harga emas merosot pada Rabu (11/2/2015) ini, mengimbangi dolar dan dampak kekhawatiran atas masa depan Yunani di zona euro serta peningkatan kekerasan di Ukraina.

Melansir laman Reuters, kenaikan dolar terhadap sekeranjang mata uang sebesar 0,2 persen menyebabkan harga emas mengalah setelah mengalami kenaikan di hari sebelumnya, mencegah pemulihan curam yang terjadi pada Jumat selama tiga pekan.

Harga emas di pasar spot emas turun 0,2 persen menjadi US$ 1.236,30 per ounce, sementara emas berjangka AS untuk pengiriman April turun US$ 4,90 per ounce menjadi US$ 1.236,60 per ounce.

Harga sempat merosot ke posisi US$ 1.228,25 per ounce setelah data pekerjaan AS optimis memicu ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga tahun ini, menimpa kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi zona euro, yang mengangkat harga 8 persen bulan lalu.

Kekhawatiran investor menegaskan kembali diri mereka sendiri, yang gugup atas kondisi Yunani yang berpotensi menarik diri dari euro dan adanya konflik di Ukraina yang membebani pasar global.

Investor dikatakan saat ini akan memantau pertemuan Yunani yang didominasi para menteri keuangan zona euro pada hari ini.

“Dengan mata uang AS yang lebih kuat akan sulit untuk emas dalam dolar meningkat secara signifikan, tetapi dalam hal euro kemungkinan yang kita lihat harga di minggu mendatang berkat peningkatan pembelian untuk koin dan bar,” kata analis Commerzbank, Carsten Fritsch.

Dia menilai, setiap hasil dari pertemuan Yunani kemungkinan akan menentukan arah untuk emas pada hari-hari mendatang atau minggu ini.

Probabilitas Yunani meninggalkan zona euro telah meningkat setelah Perdana Menteri Alexis Tsipras mengambil garis yang semakin keras selama utang pemerintah.

 

Sumber:?http://bisnis.liputan6.com/