PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Harga Emas Terdongkrak Gara-gara Serangan Arab Cs ke Yaman

emas antam 3006

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka?-Harga emas Logam Mulia milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) hari ini naik cukup tajam, yaitu Rp 6.000/gram. Apa sebabnya?

Kenaikan harga emas dalam negeri tidak lepas dari lompatan harga emas internasional. Mengutip Reuters, Jumat (27/3/2015), harga emas dunia naik karena belum ada kepastian soal kenaikan suku bunga di Amerika Serikat (AS) dan ketegangan di Timur Tengah.

Arab Saudi dan sekutunya melakukan serangan militer ke Yaman untuk memerangi kelompok Houti. Akibatnya, muncul kekhawatiran soal pasokan minyak dari Timur Tengah sehingga harga minyak naik. Kenaikan harga minyak menyebabkan harga komoditas ikut melonjak.

Harga emas dunia di pasar komoditas Comex sempat menyentuh US$ 1.219,4/troy ons, posisi terkuat dalam hampir sebulan terakhir.

“Bila situasi di Timur Tengah tidak membaik, harga akan terus naik. Namun bila ada perbaikan, harga emas akan kembali ke level di bawah US$ 1.200/troy ons,” sebut Daniel Briesemann, Analis Commerzbank.

Kenaikan harga kali ini memang lebih karena sentimen, karena permintaan fisik emas justru menurun. Misalnya di China, yang merupakan konsumen emas terbesar ke-2 dunia.

Pada 2014, konsumsi emas turun 25% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 886 ton. Sementara produksi justru naik 5,5% menjadi 452 ton.

 

Sumber: http://finance.detik.com/